Selama ini masyarakat Indonesia hanya mengenal Ragunan, Monas, dan Ancol sebagai destinasi di Jakarta. Padahal, Jakarta memiliki wisata terbaru. Penasaran?

Jakarta ternyata mempunyai beberapa makam keramat. Salah satunya terletak di Jalan Jatinegara Kaum Raya.

Menyusuri Jalan Jatinegara Kaum Raya dari arah Rawamangun, kita akan menemui sebuah kompleks makam keramat. Makam keramat tersebut merupakan makam Pangeran Sanghiyang bin Pangeran Senopati.

 

“Pangeran Sanghiyang ini tokoh agama dan salah satu keturunan dari Kerajaan Pajajaran,” ujar Ali salah seorang penjaga kompleks makam, baru-baru ini.

Kompleks makam Pangeran Sanghiyang dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang. Makam Pangeran Sanghiyang berada di sebuah bangunan seperti rumah yang menghadap ke timur.

Luas bangunan tersebut sekira 10 meter x 10 meter dengan pintu masuk terbuat dari kayu jati. Memasuki bangunan tempat Pangeran Sanghiyang disemayamkan, pemandangan yang terlihat adalah serba putih.

Tembok dan keramik putih membuat bangunan ini terlihat sangat bersih. Selain itu, terdapat dua jendela berkaca putih permanen atau tidak bisa dibuka.

Namun, pemandangan kita akan langsung tertuju pada sebuah makam tertutup tirai putih yang merupakan makam Pangeran Sanghiyang. Di sekitar makam Pangeran Sanghiyang terdapat beberapa bunga cempaka dan surat Yassin untuk para peziarah berdoa.

 

Makam Pangeran Sanghiyang berbentuk persegi panjang sekira 2,5 meter x 1 meter dari keramik. Sementara nisan Makam Pangeran Sanghiyang terbuat dari keramik hitam.

Selain itu, masih ada tiga makam lain di bangunan yang sama. Tiga makam tersebut adalah, Makam Pangeran Tanzul Arifin, Pangeran Nasib dan Ibu Ratu Sri Pembayu.

Biasanya, menurut Ali peziarah sering datang untuk membacakan doa. Peziarah pun tidak hanya datang dari Jakarta.

“Penduduk sini suka ziarah ke Makam Pangeran Sanghiyang. Tetapi, banyak juga peziarah dari daerah, seperti Banten dan luar Jawa,” tutupnya.