Bertambahnya jumlah kendaraan setiap saatnya berakibat pula akan bertambahnya naiknya jumlah kecelakaan dalam kendaraan. Hal ini menjadikan semakin banyaknya perusaan asuransi yang menawarkan jasa asuransinya kepada para nasabah. Sebagai nasabah hal ini menjadikan banyaknya pilihan yang dapat ditentukan dalam menentukan perusahaan asuransi kendaraan mana yang akan dipilih untuk kendaraannya.

Tetapi dengan banyaknya perusahaan asuransi kendaraan ini, terkadang membuat bingung juga dalam memilih asuransi yang sesuai. Oleh karenanya diperlukan ketelitian dan alasan yang cermat dalam memilihnya. Agar yang dipilih tidak salah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat dijadikan alasan dalam memilih asuransi kendaraan yang aman.

 

  • Harga. Harga dalam premi suatu asuransi biasanya merupakan hal yang utama dan pertama dicari oleh calon nasabah. Hal ini karena dengan mengetahui harga premi maka akan diketahui kesanggupan atau tidaknya mengikuti asuransi tersebut. Namun harus menjadi catatan pula, murahnya harga premi tidak lantas menjadikan pilihan bersuransi anda. Jika murahnya premi dibarengi dengan cakupan layanan yang kurang, maka sebaiknya memilih yang sedikit mahal tetapi dalam cakupan layanannya dapat memuaskan. Karena hal seperti ini akan di berdampak saat mengajukan klaim asuransi.
  • Jaminan yang di dapat. Ketika membeli suatu asuransi kendaraan seharusnya anda mengetahui, fasilitas-fasilitas apa yang akan anda dapatkan ketika membeli asuransi tersebut. Keamanan dan kenyamanan dalam asuransi biasanya didapat ketika fasilitas maksimal yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Jika cakupan fasilitas yang diberikan kurang sesuai dengan apa yang diharapkan, maka lebih baik mencari asuransi lain yang memenuhi harapan dalam fasilitasnya. Untuk mengetahui akan cakupan fasilitas yang didapat, bisa ditanyakan langsung ke asuransi bersangkutan atau melihat di websitenya.
  • Klaim yang mudah. Klaim yang mudah dalam asuransi dapat menjadi indikator dalam pelayanan handal suatu asuransi. Jika asuransinya lama dan berbelit-belit ketika adanya klaim dari nasabahnya, maka sebaiiknya asuransi yang seperti itu ditinggalkan saja atau berpindah ke asuransi yang lainnya. Untuk itu perlu adanya perbandingan dan sumber informasi yang lengkap dan sedetail mungkin dalam memilih asuransi.
  • Pelayanan bengkel yang kurang. Perlindungan nyata dari suatu asuransi yaitu membayar, mengganti dan memperbaiki apa yang menjadi kerugian kliennya. Jika ada klaim lalu perbaikan yang diberikan oleh bengkel asuransi tidak sesuai dengan harapan. Misalnya karena telat, kurang memuaskan atau sebagainya. maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk berpindah kepada asuransi yang lainnya.
  • Pelayanan non-stop. Disini maksudnya adanya perlindungan setiap saat dari asuransi kepada nasabahnya. Minimal dalam hal menghubungi dan mengajukan klaim yang setiap saat bisa terjadi karena kebutuhan yang mendadak. Jika hal ini kurang diperhatikan, biasanya para pelagganpun akan berpindah mencari asuransi yang lainnya.