Banyak fakta ilmiah tentang manfaat puasa bagi setiap kesahatan. Manfaat tersebut akan di dapatkan apabila puasa di lakukan dengan cara yang benar. Dan jika tidak akan menimbulkan penyakit seperti :

1.  Tekananan Darah Rendah.

Gejaala ini akan terasa ketika kerinagan keluar berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing, pucat dan akan terasa akan pingsan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perbanyaklah minum ketika malam dan sahur menjelang dan memperbanyak istirahat di sore hari.

2.  Kepala pusing

Ketika kepala pusing saat puasa di siang hari dikareanakan kurang nya istriahat untuk tidur dan rasa lapar karena tubuh belum mampu beradaptasi dengan pola puasa.

3.  Diare dan sakit perut

Penyakit seperti ini akan datang biasanya pada minggu pertama dalam melkaukan puasa di bulan ramadan akibat penurunan piola makan yang salah saat berbuka dan sahur. Solusi yang terbaik adalah mengurangi makanan yang bersantan, gorengan, makanan pedas, minuman manis serta minuman dingin.

4.  Kram Otot

Kram oto di akibatkan karena di sebabkan minimnya auspan kalsium, potasium serta magnesium. Untuk mengatasi solusinya adalah dengan makananan yang kaya akan mineral seperti pisang, apel dan juga buah-buahan yang lainnya.

5.  Gula Darah Rendah

Gejala yang biasaya sering dirasakan adalah lemas, pusing, lelah, serta sulit untuk berkonsentrasi, berkeringat dingin, gemetar dan kurang nya tenaga. Untuk mencegah hal ini maka di rekomendasikan untuk memakan makanan yang memmkiliki kandungnan berkarbohidrat tinggi dan harus mengurangi makanan serta minumnan yang manis di saat sahur.

6.  Perut Kembung

Perut yang kembung di akibatkan karena abnyaknya memakanan makanan yang berlemak tinggi dan ber gas. Seperti telur, gubis serta minuman yang mengandung soda. Solusinya adalah kurangi makanan tersebut agar perut tidak kembung.

7.  Sembelit

Ini adalah salah satu gejala ketika buang air besar susah keluar di akibatkannya kekurangan makanan yang berserat dan kurang minum. Untuk mengatasi hal seperti ini adalah makananan yang harus di makan dengan kaya akan serta dan banyak minum, Khusunya pada waktu sahur.

Dan itulah 7 penyakit yang sering terjadi ketika ber puasa. Untuk menghindari hal seperti demikian maka pola makan ketika sahur harus di jaga serta di anjrukan untuk berolahraga ringan. Seperti joging, lari kecil, push up dan lain sebagainya.