Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia di masa sekarang. Dengan pendidikan yang baik, seseorang dapat meningkatkan kualitas kehidupan pribadinya. Untuk mendapatkan sebuah pendidikan yang berkualitas tentunya harus ada harga yang dibayar.

Untuk pendidikan pokok yakni SD – SMP, pemerintah telah menerapkan sekolah gratis dengan dana uang BOS bagi sekolah-sekolah negeri. Sedangkan untuk SMA, dapat membayar spp per bulan yang di tetapkan komite sekolah masing-masing. Setelah tamat SMA, masih ada jenjang pendidikan yang dapat ditempuh yaitu jenjang pendidikan sarjana di universitas. Kali ini akan dibahas tentang biaya college in Indonesia.

College in indonesiaPendidikan sarjana membutuhkan biaya yang berbeda dari pendidikan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena beban ilmu yang dipelajari semakin berat dan gelar yang didapatkan akan menjamin pekerjaan yang layak di kemudian hari. Beberapa universitas menerapkan sistem biaya kuliah yang berbeda. Misalnya, Universitas Indonesia. Biaya kuliah di Universitas Indonesia menggunakan sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BPOP), yang .

Merupakan upaya Universitas Indonesia dalam membuka akses pendidikan berkualitas yang dapat dijangkau oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Biaya kuliah dengan sistem BPOP disesuaikan dengan pendapatan dari masing masing orangtua mahasiswa.

Sama seperti pembayaran biaya kuliah lainnya, BPOP dibayarkan setiap 6 bulan sekali atau setiap periode satu semester. Sistem BPOP tersebut hanya berlaku pada mahasiswa dengan syarat syarat tertentu, karena BPOP ditujukan untuk meringankan beban mahasiswa yang kesulitan dalam hal ekonomi.

Selain itu, BPOP hanya berlaku pada program sarjana reguler. Mahasiswa yang mengambil program sarjana vokasi, paralel, ekstensi, kelas Internasional dan pasca sarjana, akan dikenakan biaya kuliah yang berbeda.

Selain sistem BPOP, ada juga sistem UKT yang digunakan untuk membayar uang kuliah.  Sistem UKT juga tidak jauh beda dari sistem BPOP, dimana jumlah pembayaran uang kuliah disesuaikan dengan pendapatan orang tua. Apabila anda berprestasi, anda dapat mengajukan beasiswa di universitas terkait agar mendapatkan keringanan biaya kuliah atau uang saku. Demikian penjelasan tentang biaya college in Indonesia. Semoga bermanfaat!