Kesehatan merupakan nikmat Tuhan yang terkadang kita abaikan. Kita terkadang tidak menyadari nikmatnya sehat bagi tubuh kita. Nikmat itu akan terasa ketika kesehatan tubuh kita mulai terganggu.

Kesehatan tubuh dapat terganggu jika salah satu organ dalam tubuh kita tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Hal ini dikarenakan tubuh kita merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa organ dengan fungsi dan peranan masing – masing.

Pola Makan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kesehatan organ tubuh kita  yang memiliki peranan yang sangat besar bagi kesehaan kita  adalah kesehatan jantung.

jantung merupakan organ tubuh yang berkruran kecil mungkin hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa dan terletak di rongga dada sebalah kiri atas. jantung memiliki fungsi untung memompa darah agaar dapat mengali keseluruh tubuh kita.

Pada saat mengalr ini darah ekan membawa O2 yang akan didistribusikan ke seluruh tubuh sebagai bahan untuk metabolisme, sambil mengangkut carbon dioksida atau CO2 sisa metobolisme yang akan di buah ke luar tubuh.

Bayangkan juka jantung tidak berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan masalah yang sangat serius. Berikut adalah cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung :

  1. Hindari makan makanan yang mengandung lemak tinggi, lemak adalah salah satu komponen makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Lemak dapat berungsi sebagai pelarut beberapa jenis vitamin. Namun jika keberadaannya di dalam tubuh melimpah maka akan di simpan sebagai cadangan energi bagi tubuh. Dan jika lemak tersebut di dlam darah maka akn membuat gangguan kesehatan pada jantung anda akaren alemak tersebut dapat menghambat aliran darah.
  2. Hindari merokok, merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yag sering dilakukan oleh manusia terutama kaum laki – laki. Merokok dilakukan dengan menghisap asap yang ditimbulkan dari pembekaran tembakau. Asap ini membewabeberapa zat yang berbahaya bagi tubuh kita, sehinnga jika kita merokok maka akan mengganggu kesehatn organ dai dalm tubuh dan salah satunya adalah jantung.

Dengan menghindari kedua hal tersebut di atas maka sebenarnya kita elah berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan jantung kita.