jus sehat

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang terindah bagi seorang wanita. Kehamilan juga adalah sesuatu yang dinantikan bagi pasangan suami istri. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan selama dalam masa kehamilan. Karena jika ibunya sehat, maka janin dalam kandunganpun akan tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Otak dan fisik janin dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal jika nutrisi yang diperlukannya terpenuhi secara lengkap. Pentingnya asupan nutrisi yang lengkap ini dapat mempengaruhi kesehatan dan tingkat kecerdasan anak di masa yang akan datang. Kebutuhan nutrisi ini dapat terpenuhi melalui berbagai makanan yang ibu konsumsi selama dalam masa kehamilan.

Bukan hanya menu makanan utama yang perlu diperhatikan nilai gizinya, cemilan dan makanan tambahan juga harus mengandung nutrisi penting yang bermanfa’at untuk tumbuh kembang otaknya. minum jus buah yang segar bisa menjadi pilihan anda sebagai cemilan sehat di sela waktu makan anda. Berikut adalah beberapa jenis jus buah yang sehat untuk ibu hamil :

  1. Jus wortel, yang dapat menambah energi ibu hamil sehingga dapat mengurangi rasa letih dan lesu selama beraktivitas. Mengkonsumsi jus wortel juga dapat mengurangi kadar gula darah dan kalium yang terdapat didalamnya dapat mengurangi masalah keram yang sering terjadi dalam masa kehamilan.
  2. Jus bayam, mengandung vitamin K, vitamin C,  vitamin A, vitamin B, zat besi, magnesium, dan asam folat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin.
  3. Jus alpukat, mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan ibu hamil, karbohidrat dan protein yang juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu, didalamnya mengandung vitamin K, C, dan B serta potasium yang baik untuk tumbuh kembang janin.
  4. Jus apel dan seledri, yang dapat mengatasi masalah gangguan tidur yang umumnya terjadi selama dalam masa kehamilan. Kandungan pektin dalam apel jga dapat membantu dalam mengatasi kadar kolesterol jahat yang dapat mengganggu fungsi jantung.
  5. Jus mangga dan pepaya juga sangat baik bagi ibu hamil. Buah mangga bermanfa’at untuk mengurangi dehidrasi dan juga melancarkan peredaran darah pada ibu hamil. Buah pepaya juga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil.

Mengkonsumsi makanan tambahan yang sehat selama hamil dan mengelola stress dengan baik, dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang dapat menentukan tingkat kecerdasannya kelak dimasa yang akan datang.