sehat dan bugar adalah dambaan setiap insan dimuka bumi ini. sehat juga terbagi dua yaitu sehat jasmani dan sehat rohani. Sehat jasmani adalah yang berhubungan dengan badan atau tubuh , sedangkan sehat rohani  adalah kesehatan yang berhubungan dengan kejiwaan.

Dua hal yang saling berkesinambungan diantara sehat jasmani dan rohani tidak bisa dipisahkan, jika ada seseorang yang sehat jasmani nya, dalam artian tidak ada kekurangan satupun organ tubuh atau dalam keadaan tidak sakit, tetapi tidak sehat rohani/jiwanya, maka dalam kehidupannya pasti bisa disebut orang yang tidak normal atau tidak dalam keadaan sehat.

kesehatan dan kebugaran

Begitupun sebaliknya, jika ada orang yang sehat rohani/jiwanya akan tetapi jasmani nya tidak sehat, selayaknya orang yang sedang menderita sakit, atau orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Tentu keadaan tersebut atau orang tersebut tidak dalam keadaan normal atau tidak dalam keadaan sakit.

Bugar bisa disebut juga sehat jasmani dan sehat rohani/jiwanya dan keadaan jasmani yang dalam keadaan segar, atau bisa disebut juga dalam keadaan yang prima.

Dalam keadaan yang bugar manusia tentu mampu untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau aktivitas yang sering dilakukannya tanpa merasa lelah atau tidak merasa lelah dan capek yang berlebihan.

Bagaimana agar tubuh kita bisa mendapat kan sehat dan bugar tersebut?. Maka jawaban yang simple dari pertanyaan ini salah satunya adalah dengan berolah raga secara rutin.

Dan makan minum yang sehat dan menyehatkan. Ditambah pola tidur yang cukup, maksudnya adalah jam tidur yang cukup.

Olah raga yang rutin tentunya akan selalu membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Pilihlah olah raga yang sesuai dengan hobi atau kenyamanan Anda, karena jika olah raga yang sesuai atau olah raga yang Anda senangi dilakukan secara rutin, Tentulah tidak akan ada beban untuk berolah raga, selain badan kita menjadi sehat kemudian kesenangan kita pada olah raga itupun semakin bisa untuk lebih mendalami nya.

Mulailah dari sekarang untuk mencoba kembali berolah raga supaya tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Selamat mencoba.