Pola hidup sehat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dalam kondisi apa pun kita dituntut untuk melakukan pola hidup sehat. Apalagi pada saat kita sedang melaksanakan ibadah puasa, maka kesehatan tubuh kita harus tetap terjaga dengan baik. Tidak ada alasan kalau kita melakukan puasa akan mengakibatkan sakit, karena sesungguhnya bahwa puasa itu sendiri merupakan terapi untuk berbagai jenis penyakit. Pola hidup sehat ketika kita berpuasa akan berbeda dengan pola hidup sehat ketika tidak sedang berpuasa.

Beberapa cara menjalankan pola hidup sehat ketika kita sedang melakukan ibadah puasa adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum melakukan puasa, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan anda. Anda bisa bertanya tentang pola makan, waktu tepat meminum obat atau multivitamin serta jenis olahraga apa yang bisa dilakukan saat kita berpuasa
  2. Lakukan sahur tepat waktu. Makanan yang bisa di konsumsi saat sahur diantaranya makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu menahan kenyang selama 6 jam
  3. Hindari Makanan Berminyak. Ketika kita berpuasa agar dihindari mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung minyak secara berlebihan. Makanan ini dapat menyebabkan sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 %. Akibatnya anda akan mengantuk pada siang hari.
  4. Saat udara siang makin terik dan panas, usahakan anda melakukan segala kegiatan anda di dalam ruangan yang dingin atau tempat yang teduh. Batasi aktivitas fisik agar anda tidak mudah lelah.
  5. Berbuka puasa dengan makanan secukupnya. Berbuka dimuali dengan minum air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang beberapa jam baru anda bisa melakukan makan besar.
  6. Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak.
  7. Lakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.
  8. Lakukan pola tidur yang baik dan teratur.

Itulah beberapa cara menjalankan pola hidup sehat saat kita melakukan ibadah puasa. Dengan pola hidup sehat, dipastikan puasa anda tidak akan mengganggu sedikit pun pekerjaan pekerjaan rutin anda.