Perkembangan janin dimulai sejak terjadinya fertilasi atau konsepsi yakni sekitar 1 hingga 2 minggu, atau setelah hari pertama menstruasi terakhir. Sementara untuk usia kehamilan (usia gestasi) di hitung sejak hari pertama haid terakhir, hal tersebut dikarenakan terjadinya menstruasi menandakan persiapan rahim untuk kehamilan. Sedangkan usia janin sebenarnya dapat diketahui dari perkembangan janin tiap minggu, yang semestinya memang dipantau atau diperhatikan dengan cara yang dapat dengan mudah dilakukan. Mulai dari pemeriksaan rutin setiap bulan untuk mengetahui perkembangan perminggunya, merasakan perubahan pada setiap gerakan serta pada fisik Ibu dan lainnya. Meskipun begitu, perkembangan janin memang bervariasi dan sangat dipengaruhi oleh kondisi sang Ibu.

Kehamilan sendiri dibagi menjadi 3 trimester yakni trimester pertama yaitu usia 1 hingga 13 minggu, trimester kedua untuk usia 14 hingga 26 minggu, dan trimester ketiga yakni usia 27 sampai 38-40 minggu. Berikut ulasan mengenai perkembangan janin pada trimester minggu tersebut.

  1. Trimester Pertama Usia 1-13 Minggu

Pada tahapan usia minggu ini terjadi proses pembentukan janin, pembentukan zigot (hasil penyatuan dari sel telur dan sperma), membentuk embrio dan membrannya mengalami penempelan ke dinding rahim. Pada usia 5 minggu merupakan awal dari pembentukan organ seperti otak, sumsum tulang belakang dan lainnya, begitupun minggu – minggu berikutnya dan pada usia minggu ke 13 ginjal serta sistem kemih sudah berfungsi sehingga cairan amnion yang tertelan janin dapat dibuang melalui ginjal.

  1. Trimester Kedua Usia 14-26 Minggu

Usia 14-16 minggu pada saat terbentuknya kelenjar keringat, hati dan pankreas telah berfungsi, serta bayi telah dapat menghisap dan menelan sedikit cairan amnion. Sedangkan usia 17-20 minggu alis dan bulu mata telah tumbuh serta kulit mulai menghasilkan suatu lapisan seperti lilin yang berfungsi untuk menjaga kulit dari cairan amnion. Gestasi 21-23 minggu kulit menjadi lebih tebal dan lemak bertambah dan usia 24-26 minggu janin memiliki siklus bangun tidur serta sedang mengalami pematangan fungsi sistem saraf.

  1. Trimester Ketiga Usia 38-40 Minggu

Pada tahapan usia minggu – minggu tersebut bayi sudah hampir sempurna baik dari berbagai macam pembentukan organ maupun rupa yang sudah menyerupai manusia, pergerakannya pun sangat aktif, dan bayi sedang mempersiapkan diri untuk dilahirkan. Hingga minggu ke 40 merupakan usia kehamilan yang dianggap tepat karena kuku bertambah panjang, tunas puting tumbuh serta paru – paru dalam proses pematangan.

Demikian ulasan mengenai perkembangan janin tiap minggu di 3 trimester usia kehamilan, semoga bermanfaat untuk anda.