Banyak orang bilang, sehat itu mahal harganya. Yang mahal itu sebenarnya jika kondisi kita dalam keadaan sakit maka sehat menjadi mahal harganya. Maka yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan seperti yang sudah kita ketahui semuanya caranya seperti menjaga makanan/pola makan, istirahat yang cukup, rajin berolahraga dan sebagainya.

Namun dari semua cara menjaga kesehatan tersebut ada yang terlupakan, mungkin orang awam dan asing mendengarnya. Yakni polarisasi ruang dan waktu. Bagi sebagian anda mungkin terdengar asing dan aneh tapi jika dikaji lagi ungkapan ini dalam ilmu kesehatan lebih dikenal dengan Cicardian Clock. Hal ini bertujuan sangat penting agar kita bisa mengatur apa, kapan dan bagaimana kita melakuka pekerjaan atau aktifitas sehari-hari agar terwujudnya tingkat sehat yang baik bagi tubuh kita.

Pola Cicardian Clock  ini jika dipelajari secara umum sangat mudah, tinggal mengatur jam-jam tertentu yang berguna bagi sistem dan metabolisme tubuh. Pola jam tersebut adalah :

  1. Pukul 01.00 – 03.00

Ini adalah waktu paling lelap dalam tidur, diwaktu ini semua organ dan fungsinya akan kembalu normal.

  1. Pukul 04.00 – 06.00

Waktu yang sangat dingin baik dari suhu udara, maupun suhu tubuh. Namun diwaktu inilah tubuh dalam kondisi paling sehat. Cocok digunakan untuk aktifitas ringan seperti pemanasan olahraga kecil.

  1. 06.00 – 08.00

Sarapan dengan asupan gizi yang baik cocok dilakukan pada pukul 06.00. Dan setelahnya saatnya sistem pengeluaran bekerja dengan lancar. BAB sangat cocok diwaktu ini, mengeluarkan sisa makanan semalam/hari kemarin.

  1. 08.00 – 12.00

Ibarat mesin diesel yang sudah panas, inilah waktu yang tepat untuk bekerja atau melakukan aktifitas yang segudang banyaknya.

  1. 12.00 – 13.00

Mesin pun harus berhenti jika sudah panas, begitupun manusia. Inilah saatnya untuk rehat dan makan siang.

  1. 14..00 – 15.00

Kemampuan otak untuk melakukan koordinasi berada pada titik tertinggi. Aktivitas multitasking memungkinkan jika dilakukan

  1. 15.00 – 17.00

Denyut jantung paling stabil pada waktu ini. Jika ingin berolahraga, inilah waktu yang paling tepat karena level adrenalin sedang berada pada level tertinggi. Jam-jam ini adalah waktu yang paling tepat untuk aktivitas fisik.

  1. 17.00 – 20.00

Fungsi hati dalam memproses racun-racun sisa metabolisme paling tinggi pada sore hari, sehingga perlu didukung dengan minum air putih. Keinginan untuk ngemil juga tinggi karena kemampuan indra penciuman (hidung) dan perasa (lidah) meningkat.

  1. 20.00 – 22.00

Metabolisme dan pergerakan usus berkurang pada jam-jam ini. Pembakaran energi tidak banyak terjadi pada malam hari sehingga apabila makan di malam hari, cadangan energi berupa lemak juga akan disimpan dalam jumlah banyak.

  1.  22.00

Fisik sangat lelah, ini waktu yang tepat untuk beriatirahat. Dan istirahat paling baik adalah tidur.

Pada intinya menjaga kesehatan adalah bagaimana kita mengatur waktu. Manajemen waktu itu yang terpenting. Serajin apapun olahraga, apapun jenis pola diet anda tapi tidak bisa memanage waktu itu semua sia-sia. Semoga bermanfaat.