Kebersihan dan kesehatan wajah memiliki peran penting untuk kesan seseorang. Karena wajah merupakan bagian tubuh yang pertama kali dilihat dan dapat mengekspresikan semua hal yang dirasakan tubuh. Oleh karena itu, munculnya berbagai masalah kulit pada wajah cukup mengganggu. Misalnya saja kemunculan jerawat, komedo , flek hitam, dan lain-lain perlu diantisipasi dengan tepat. Munculnya jerawat pada wajah merupakan hal yang biasa pernah dialami semua orang. Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat tersebut. Penyebab jerawat bisa bersumber dari kondisi kulit ataupun factor hormonal.

Penyebab jerawat yang bersumber dari kondisi kulit wajah yaitu menyangkut kebersihan kulit wajah tersebut. Tersumbatnya pori-pori oleh kotoran dapat menyebabkan munculnya jerawat biasa. Jerawat biasa ini memiliki warna merah yang agak putih,bentuknya kecil. Jerawat jenis ini merupakan jerawat yang paling ringan. Karena bekas jerawat biasa ini tidak terlalu sulit untuk dihilangkan. Untuk mencegah timbulnya jenis jerawat ini yaitu bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan kulit muka. Dapat dilakukan dengan mencuci muka secara teratur dengan menggunakan facial wash yang cocok dengan jenis kulitnya. Penggunaan air bersih alami untuk mencuci muka pun merupakan cara alami yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Kenali Penyebab Jerawat untuk Menjaga Kecantikan

Penyebab jerawat lainnya yang banyak dirasakan para penderitanya adalah karena faktor hormonal. Berbagai hal bisa menjadi pemicunya. Misalnya saja karena mendekati atau sedang mengalami menstruasi untuk para wanita, mengalami stress berat baik pada pria ataupun wanita, sedang mengalami puberitas  pada masa remaja, atau terjadinya kelainan hormonal sehingga menimbulkan jerawat yang lebih parah dari pada jerawat biasa. Misalnya jerawat batu, jerawat vulgaris, dan jenis jerawat lain yang sangat mengganggu penampilan juga bekasnya susah untuk dihilangkan. Jika sudah menderita jerawat seperti ini, tentunya harus diobati dengan melibatkan tim medis yang kompeten di bidangnya. Misalnya saja para dokter spesialis kulit. Mereka akan mendiagnosa munculnya jerawat tersebut dari beberapa factor, baik factor hormonal ataupun factor lainnya. Dengan mengenali penyebabnya secara tepat, jerawat akan lebih mudah diobati.