Seiring dengan kemajuan zaman, sehingga menyebabkan banyak variasi produk makanan yang serba instan. Apalagi makanan yang disukai oleh anak-anak, seperti olahan daging baik ayam maupun sapi, yang dibentuk dengan sajian yang menarik. Misalnya sosis, nugget, dan olahan makanan yang lainnya. Kenapa makanan seperti hal diatas sangatlah disukai oleh sebagian besar anak-anak, jika dibandingkan dengan makanan seperti bahan sayur-sayuran. Hal itu tidak terlepas dari selain kemasan yang menarik, juga dalam memperolehnya bahkan cara makannya pun sangatlah mudah. Jika pola yang demikian dilakukan secara terus menerus dan tidak disertai gizi yang seimbang, maka dikhawatirkan akan mengganggu ke dalam sistem pencernaan tubuh anak anda. Misalnya karena kurangnya makan sayur dan buah-buahan yang memiliki serat, sehingga mengakibatkan susah bab atau buang air besar.

Susah buang air besar adalah masalah yang tidak boleh dianggap remeh. Jika gangguannya ringan memang hal ini biasanya dapat dikatakan tidak berbahaya bagi anak anda. Namun pada contoh beberapa kasus hal ini dapat menyebabkan BAB berdarah dan komplikasi penyakit lainnya. Berikut ini merupakan cara mudah mengatasi susah buang air besar, diantaranya:

  • Berikan asupan makanan berupa asupan yang kandungan seratnya tinggi. Misalnya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat. Contoh buah berserat yang ampuh mengatasi susah bab yaitu buah pepaya.
  • Perbanyaklah minum. Karena cairan ini sangatlah mutlak dibutuhkan dalam proses pelunakan feses dan melancarkan pencernaan.
  • Olah raga yang teratur. Karena dengan aktifitas fisik dapat mempengaruhi kerja usus besar sehingga pencernaan juga lancar.
  • Berhenti mengkonsumsi obat tertentu. Jika anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, alangkah baiknya berhenti dulu. Karena bisa jadi sembelit terjadi disebabkan oleh efek samping dari penggunaan obat tersebut

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika anak anda mengalami susah bab. Perlu perhatikan pola makan anak anda sehingga terhindar dari hal yang demikian. Kalau diperlukan anda bisa memberikan asupan yang lainnya dengan cara mengkonsumsi susu dancow yang mempunyai kandungan prebiotik serat laut yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan anak anda.