Olahraga mempunyai ragam manfaat untuk kesehatan. Tak heran banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk berolahraga secara teratur. Hal itu dikarenakan dampak positif yang akan dirasakan setelah melakukan olahraga secara teratur, baik manfaat dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Orang yang sering berolahraga biasanya tidak mudah terserang penyakit.

Berbeda dengan mesin yang apabila sering digunakan akan cepat rusak.  Tubuh manusia justru akan lebih sehat apabila digunakan untuk berkativitas seperti berolahraga, namun dengan catatan tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Cara yang paling murah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolaraga. Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja meskipun biasanya olahraga sering dilakukan di pagi hari dan di tempat khusus agar suasana nya nyaman untuk melakukan aktivitas olahraga. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan berolahraga secara teratur :

  1. Membantu mengontrol berat badan

Melalui olahraga teratur seseorang akan mendapatkan berat badan yang ideal. Hal ini tidak terlepas dari pembakaran kalori dan juga lemak yang berlebih untuk diubah menjadi energi. Selain itu metabolisme tubuh juga akan tetap tinggi walaupun beres berolahraga.

2. Dapat meningkatkan mood

Setiap orang bisa merasakan sedih dan juga kehilangan mood. Banyak hal yang menjadi penyebab hal itu terjadi pada diri seseorang.  Namun, banyak pula cara yang biasanya dilakukan untuk dapat meningkatkan mood agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Cara yang paling mudah dan juga efektif untuk meningkatkan mood adalah dengan berolahraga secara teratur. Saat mood anda sedang turun luangkanlah waktu beberapa saat untuk berolahraga dan anda akan merasakan perbedaan pada mood anda sebelum dan sesudah berolahraga.

3. Mencegah berbagai penyakit

Manfaat selanjutnya dari olahraga secara teratur adalah dapat mencegah dari penyakit yang menyerang tubuh. Dari sekian banyak penyakit, penyakit jantung dan juga darah tinggi adalah penyakit yang banyak menimpa pada manusia. Berolahraga ringan dan juga teratur dapat mencegah kita dari resiko berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung dan juga darah tinggi. Hal itu karena dengan berolahraga LDL dan trigliserid dalam tubuh dapat diturunkan. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kolesterol yang baik.