Cairan kental yang manisnya tiada tandingannya, yaitu madu adalah cairan yang sangat memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan wajah.

Cairan manis yang diproduksi oleh hewan yang disebut lebah ini memang mengandung zat yang baik di dalamnya. Bagi kesehatan tubuh madu bisa digunakan untuk masa – masa penyembuhan dari sakit, kemudian juga bisa digunakan untuk menambah stamina tubuh dan bisa digunakan untuk vitamin tubuh yang alami.

Sedangkan untuk kecantikan dan kulit wajah yang sehat, madu bisa berfungsi untuk beberapa hal, di antaranya adalah :

Mencerahkan kulit wajah

Madu yang notabennya berwarna coklat pekat ini ternyata mampu mencerahkan kulit wajah anda. meskipun warnanya gelap, namun madu mengandung vitamin kulit yang mampu mencerahkan dan mengurangi kusam pada wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dengan serbuk kulit jeruk kemudian jadikan masker setelah dibiarkan beberapa saat, basuh dengan air hangat.

Mengangkat komedo

Komedo adalah masalah wajah yang sangat membandel, sangat sulit untuk menghilangkan komedo terutama komedo yang bersarang di sela – sela hidung. Namun dengan ramuan berikut anda bisa menghilangkan komedo dengan cepat dan alami. Caranya daalah dengan mencampurkan madu dengan serbuk kulit jeruk atau dengan garam kemduian oleskan ke bagian sela – sela hidung yang terdapat banyak komedo. Setelah itu anda lakukan gerakan memutar sehingga komedonya keluar. Dengan melakukan hal ini minimal 3 kali dalam satu minggu maka komedo anda akan hilang dengan sendirinya.

Mengenyalkan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang kenyal tentnya akan sangat menyenangkan. Karena kulit menjadi tampak muda dan sehat. Madu juga mampu menutrisi kulit wajah sehingga menjadikan kulit wajah kenyal dan tampak muda. Caranya adalah menjadikan madu sebagai masker di setiap malam. Dengan begitu maka kulit wajah anda menjadi kenyal.

Itulah beberapa fungsi dari madu untuk kesehatan wajah . untuk hasil yang memuaskan sebaiknya anda menggunakan madu yang asli tanpa dicampur dengan gula yang banyak dijual  di pasaran.