Bagi anda yang sudah mengasuransikan mobilnya mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan bagaimana cara menghitung Premi asuransi mobil. Anda bisa mengetahuinya dikarenakan ketika anda melakukan pendaftaran, anda pastinya banyak berdiskusi dengan staf – staf yang bekerja di perusahaan tempat anda mengasuransikan mobil anda.

Namun ada juga diantara kita yang hingga kini belum mengerti tentang bagaimana cara menghitung premi asuransi mobil. Dan anda tepat jika anda membaca artikel ini, yang mana artikel ini akan membagikan kepada anda sedikit penjelasan tentang bagaimana sebenarnya cara menghitung premi asuransi mobil tersebut.Premi asuransi mobilPremi asuransi mobil ditetapkan oleh sebuah perusahaan asuransi dengan berpegang kepada beberapa asumsi serta hal – hal yang bisa menjadi penentu besar kecilnya tarif premi asuransi mobil.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan asuransi Adira Insurance yang mengeluarkan produk asuransi Autocillin yaitu sebuah asuransi yang menyediakan perlindungan terhadap kerusakan akibat kecelakaan dan kehilangan karena pencurian terhadap mobil milik nasabahnya.

Perusahaan asuransi ini telah membuat semacam perhitungan untuk menentukan besarnya premi asuransi mobil sesuai dengan kondisi – kondisi yang ada pada kendaraan yang akan diasuransikan tersebut.

Kondisi – kondisi yang dimaksud tersebut adalah harga kendaraannya, jenis polis yang diikuti oleh nasabah, letak kendaraan yang diasuransikan, status pemilik kendaraan apakah kendaraan pribadi atau komersial dan jenis kendaraan, apakah jenisnya truk atau non truk.

Untuk mengetahuinya lebih jelas lagi, anda bisa perhatikan contoh perhitungan Premi asuransi mobil Autocillin yang sudah ditetapkan oleh pihak Adira Insurance. Contoh perhitungan premi ini untuk jenis perlindungan all risk atau komprehensif.

Misalnya saja harga kendaraanya 115 juta, jenis kendaraan adalah non truk, berada di Sumatera, status kendaraan adalah mobil pribadi. Maka perhitungannya adalah Rp. 115 juta x 2.79 % = Rp. 3.208.500- ditambah biaya administrasi Rp. 50,000 sehingga total premi/tahun sebesar Rp. 3.258.500,-

Demikianlah contoh cara perhitungan Premi asuransi mobil Autocillin yang sudah ditetapkan oleh pihak Adira Insurance. Jika kita bandingkan dengan premi di perusahaan asuransi lainnya, maka premi asuransi mobil Autocillin tergolong lebih murah dan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.