Papan tulis digital – adalah tampilan interaktif besar yang terhubung ke komputer dan menampilkan gambar dari proyektor. Papan tulis yang terpasang atau berdiri bebas menampilkan gambar dari layar computer dan anda dapat mengendalikan komputer melalui papan menggunakan pena, jari atau perangkat input yang mendukung. Kebanyakan papan tulis interaktif digunakan di kantor untuk berbagi dan menyajikan gagasan di dalam kelompok bisnis, namun sekarang alat ini juga ditemukan di sekolah, ruang pelatihan olahraga dan studio TV.Papan tulis digital

Papan tulis digital interaktif terhubung ke PC melalui koneksi kabel atau nirkabel. Karena itu, papan tulis elektronik bisa terhubung ke PC via USB, kabel port serial, Bluetooth atau Wi-Fi. Sebagian besar papan tulis ini menggunakan pemindaian inframerah dengan atau tanpa pena ultrasonic dan layar sentuh resistif atau pena elektromagnetik untuk interaktivitas.

Meskipun ada model dengan perangkat lunak umum dan all-purpose untuk berinteraksi dengan konten yang diproyeksikan di papan ini, namun anda memerlukan papan tulis cerdas untuk menjalankan perangkat lunak yang spesifik bagi kebutuhan Anda. Misalnya, papan tulis elektronik yang dimaksudkan untuk sekolah dasar harus dilengkapi perangkat lunak yang disesuaikan untuk siswa. Perangkat lunak tersebut akan menyediakan akses ke konten pendidikan untuk menunjang referensi wawasan mereka.

Anda tidak perlu mencatat saat menggunakan papan tulis elektronik. Saat Anda memberikan keterangan atau menambahkan lebih banyak konten ke papan tulis, cukup dengan menekan satu tombol maka akan menyimpan setiap halaman dari papan. Selain menyimpan konten yang dibuat di dalamnya, papan elektronik juga dapat membagikan halaman tersimpan ini kepada peserta atau orang lain dengan mengirimkannya melalui email, tanpa kabel ke perangkat mobile yang terhubung.

Selain gambar yang diproyeksikan ke layarnya, papan tulis elektronik juga dapat dapat menarik konten dari perangkat periferal yang terhubung seperti flash drive, kamera dan camcorder. Kebanyakan papan interaktif memiliki port USB hanya untuk tujuan ini. Selanjutnya, papan tulis cerdas harus bisa bergabung dengan jaringan lokal dan online untuk menyediakan akses ke informasi lebih lanjut atau mendukung partisipasi jarak jauh.