Saat ini, kebutuhan akan smartphone semakin tinggi.  Smartphone bukan hanya sebagai media komunikasi saja. Lebih dari itu, smartphone bisa dijadikan sebagai media pencari informasi, media pengolah data, media hiburan, hingga media berbisnis. Oleh karenanya, wajar saja jika penggunaan smartphone semakin hari semakin bertambah.

Meningkatnya jumlah penguna smartphone tersebut tentu saja meningkatkan permintaan terhadap barang komplementer dari smartphone itu sendiri. Misalnya saja meningkatkan permintaan terhadap paket data internet, aplikasi android dengan berbagai kebutuhan, aksesoris smartphone, dan lain-lain.

Dari meningkatnya permintaan barang-barang tadi pasti berefek pada semakin banyaknya peluang bisnis bagi beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komunikasi dan semakin banyaknya jumlah angkatan kerja yang dapat diserap oleh perusahaan tersebut. Akhirnya, terciptalah beberapa budaya baru yang hanya ada pada masa globalisasi seperti sekarang.

Berikut adalah beberapa budaya baru sebagai efek dari meningkatnya penggunaan smartphone.

  • Penggunaan pulsa lambat laun tergantikan dengan penggunaan paket data internet.
  • Bermunculan peluang bisnis baru dan pekerjaan-pekerjaan baru. Misalnya saja bisnis online, pekerjaan online, hingga berwirausaha dengan memiliki sebuah perusahaan star up digital.
  • Aktivitas komunikasi semakin canggih dan murah. misalnya saja dengan pemnafaat an sebuah sosial media yang memungkinkan penggunanya dapat berkomunikasi lewat tulisan, suara, ataupun lewat video. Selain itu juga, komunikasi dapat dilakukan baik secara individual ataupun dalam sebuah grup.

Kemunculan budaya baru tersebut tentu saja menimbulkan berbagai efek, baik positif maupun negative yang dirasakan masyarakat. Namun jika para pengguna smartphone ini berniat baik, yang akan didapatkan pun berupa efek positif. Misalnya saja semakin terbukanya akses ilmu dan pengetahuan, semakin lancarnya komunikasi, dan semakin efektifnya pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan media online.

Efek-efek positif tersebut tidak mungkin dapat dinikmati jika tidak didukung dengan ketersediaan paket data yang cukup dan berkualitas. Salah satu operator jaringan telepon seluler yang memfasilitasi warga Indonesia dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah adalah smartfren. Smartfren menyediakan berbagai berbagai produk paket internet yang murah tetapi dengan sinyal 4g yang sangat kuat.