Seperti yang kita tahu, bahwasannya Rasulullah SAW merupakan manusia paling sempurna yang telah Allah ciptakan. Kesempurnaannya tentu mencakup berbagai hal, sehingga ia menjadi suri tauladan atau contoh bagi umatnya dalam menjalankan kehidupan. Tidak hanya berlaku di zaman dahulu saja, namun berlaku hingga sekarang dengan zaman yang telah banyak berubah dan berkembang. Rasul, memberian contoh dalam semua kegiatan kehidupan keseharian, termasuk dalam menjaga kesehatan. Untuk itu, bagi kita selaku umatnya agar ingin tetap hidup sehat, maka sudah sewajarnya kita mengikuti cara-cara Nabi kita dalam berupaya untuk menjaga sehatnya tubuh. Selain tubuh yang sehat, dengan izin Allah, kita pun akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnahnya.

Dengan menjaga kesehatan, bukan berarti selama hidup kita tidak pernah merasakan yang namanya sakit. Karena perlu anda ingat, Rasul saja yang jauh lebih mulia daripada kita, Allah berikan penyakit dalam dirinya. Sehingga dalam beberapa waktu, Rasul pun pernah jatuh sakit dan terbaring lemah. Namun, meski demikian sait Rasulullah tidak membawa keburukan, melainkan kebaikan dan sakitnya tidak memakan waktu yang lama. Nah, berikut di bawah ini kami hadirkan beberapa cara Rasul untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

  1. Memilih makanan yang hendak dikonsumsi dengan sangat selektif. Selain memiliki kondisi yang bagus, serta memiliki citarasa yang lezat. Yang paling penting dalam memilih makanan ialah kehalalannya. Dalam hal ini, tidak hanya berlaku untuk jenis makanannya saja yang halal, namun halal pula cara mendapatkannya.
  2. Selalu biasakan untuk makan ketika perut anda belum merasakan lapar, dan berhentilah sebelum kenyang. Ini bukan suatu selogan, namun sebuah amanah yang patut kita aplikasikan dalam kehidupan. Karena makan saat lapar dapat membuat anda makan dalam porsi yang banyak. Sedang terlalu banyak makan dapat mendatangkan berbagai penyakit.
  3. Biasakan untuk beristirahat di malam hari dengan cukup. Tidur setelah melaksanakan shalat isya apabila tidak ada kepentingan lainnya. Dan bangun lebih awal.