Memiliki gigi berlubang sungguh menjadi momok bagi semua manusia, tak terbatas oleh jenis kelamin dan usia, semuanya sangat takut dan senantiasa menghindari kondisi gigi berlubang tersebut. Memiliki gigi berlubang akan berpeluang menderita sakit gigi yang sangat besar.
Bagaimana tidak ? sisa – sisa makanan yang mengandung kuman dan bakteri akan sangat mudah bersemayam di dalam gigi yang berlubang tersebut, sehingga jika hal tersebut terjadi, maka anda akan sangat mudah terserang sakit gigi. Jika hal tersebut sudah terjadi pada anda, anda tidak perlu khawatir, lakukan beberapa langkah sebagai cara atau tips merawat gigi berlubang yang bisa anda lakukan sendiri, karena cara – cara ini cukup mudah untuk anda lakukan sendiri.
Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara atau tips merawat gigi berlubang dengan benar agar anda bisa meminimalisir sakit gigi meskipun anda menderita gigi berlubang. Adapun cara atau tips tersebut adalah sebagai berikut :
1. Mengonsumsi banyak vitamin D. Vitamin D penting untuk membangun gigi dan tulang yang kuat, karena ia merupakan faktor utama dalam penyembuhan gigi berlubang. Vitamin D juga dapat membantu mencegah radang gusi karena ia merupakan anti-inflamasi.
2. Mengonsumsi banyak vitamin K1 dan K2. Vitamin K dapat memanfaatkan protein khusus yang memiliki kemampuan untuk mendistribusikan kalsium dan fosfor pada gigi dan tulang. Vitamin K bisa kita dapatkan dari kale, bayam, sawi hijau, collard green, bit hijau, lobak hijau, paterseli, brokoli, kubis, daging sapi, telur, keju, mentega, minyak fermentasi hati ikan kod dan suplemen vitamin K.
3. Menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Hindari makanan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, seperti gula dan karbohidrat, asam fitat, minyak sayur olahan, dan makanan cepat saji
4. Minum air yang mengandung alkalin (basa). Air basa memiliki pH 8 atau lebih. Dengan mengonsumsi air minum basa, anda dapat menetralkan asam di mulut yang membuat gigi berlubang lebih parah. Air basa juga dapat mendukung pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat.
5. Tips merawat gigi berlubang selanjutnya adalah mencoba terapi oil pulling. Terapi ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya oleh pengobatan Ayurveda. Oil pulling merupakan prosedur detoksifikasi yang sangat populer. Terapi ini dilakukan dengan berkumur menggunakan satu sendok minyak selama 20 menit. Prosedur detoks sederhana ini telah dipercaya untuk menyembuhkan masalah gigi, sakit kepala, hingga diabetes.