Di zaman globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi semakin berkembang sangat pesat. Hal ini bisa dibuktikan banyaknya model  teknologi terbaru 2018 yang sudah sangat canggih dan lebih mudah digunakan. Tentunya hal ini memiliki banyak manfaat bagi kita semua kalangan masyarakat, terutama dibisang pendidikan. Namun selain dampak positif ada juga dampak negatif yang bisa kita rasakan. Hal ini tentunya wajar dalam setiap perubahan. Namun mau tidak mau yang kita harus tetap menghadapinya dengan bijak.

Dampak positif yang bisa kita rasakan adalah dengan mudahnya melakukan segala aktivitas terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan perkantoran, para pelajar dan mahasiswa untuk urusan pendidikannya. Komunikasi menjadi lebih mudah dengan adanya jaringan internet yang bisa dengan cepat tersambung hingga ke selurh penjuru dunia. Kita juga tidak bisa menolak dengan adanya dampak negatif yang berjalan saling beriringan.

Untuk itu kita harus tetap bijak dalam menghadapainya dengan cara melakukan pencegahan dari awal, seperti;

  1. Memberikan pendidikan awal yang benar kepada anak-anak supaya mengerti dengan baik tentang bahaya efek negatif dari dunia teknologi. Sehingga mereka dapat lebih selektif dalam memilih informasi tentang teknologi yang mereka pelajari.
  2. Menanamkan mental agama yang kuat untuk anak-anak. hal ini penting dilakukan agar mereka tidak terjebak dalam hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Dengan membekalinya mental agama yang kuat, maka mereka akan mengetahui batasan-batasan dan norma-norma ketika mereka memilih informasi teknologi.
  3. Memberikan pengarahan tentang manfaat dan pengoptimalan ilmu teknologi. Bahwa semua itu untuk membantu kita sebagai orangtua, guru maupun siswa, anak-anak untuk proses belajar mengajar baik di sekolah maupun dirumah.
  4. Beri pengertian bahwa kemajuan teknologi ini dapat mendukung pendidikan dalam proses belajar mengajar disekolah sehingga mereka dapat memanfaatkannya sebagai sumber ilmu tambahan selain dari buku yang mereka baca.

itulah beberapa cara menghadapi kemajuan teknologi terbaru 2018 dengan baik dan bijak.bukan berarti kita harus melarang mereka untuk menggunakan teknologi, karena merekapun perlu mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.