Helpdesk atau istilah yang merujuk pada meja resepsionis ini sudah semakin modern dengan kehadiran layanan digital yang dapat kita temukan di dalam industri e – commerce. Pada dasarnya, fungsi dari fitur helpdesk pada bisnis online ialah sebagai sarana untuk menampung keluhan dan juga berbagai pertanyaan dari customer mengenai produk maupun layanan suatu perusahaan yang bergerak di dalam bisnis online. Hadirnya aplikasi helpdesk yang kini telah ditawarkan oleh platform Sociomile semakin mempermudah dan mengefisiensi kinerja customer service dalam melayani setiap keluhan maupun pertanyaan pelanggan.

Kenyamanan dan kepuasan customer adalah jaminan bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dan juga peningkatan penilaian reputasi di mata pelanggan. Maka dari itu, admin CS tidak hanya perlu dibekali dengan pengetahuan saja, namun perlu juga ditunjang dengan sebuah aplikasi helpdesk yang bisa mempermudah dan mengoptimalkan layanan CS suatu perusahaan sehingga pelanggan tidak kabur menggunakan produk maupun layanan kompetitor.

aplikasi helpdesk
aplikasi helpdesk

Seberapa pentingkah aplikasi ini untuk suatu perusahaan yang bergerak dalam industri e – commerce? Simak berikut pemaparannya:

1 .Aplikasi untuk helpdesk atau yang dikenal juga dengan customer service platform ini memiliki fitur multi – chanel management sehingga setiap saluran – saluran customer service anda bisa diakses dalam satu dashboard saja. Misalnya, perusahaan yang anda miliki mempunyai banyak saluran customer care baik itu Facebook, Twitter, email, SMS, VoIP dan lain sebagainya kini bisa anda akses dalam satu interface atau dashboard saja. Dengan demikian, admin CS atau talesales tidak perlu lagi membuka satu persatu saluran tersebut untuk melayani keluhan dan pertanyaan – pertanyaan dari customer.

2 .Semua saluran yang disatukan oleh dashboard dari platform customer care tersebut bahkan tertata dan terstruktur dengan baik dan rapi karena memiliki system ticketing yang canggih. Setiap admin CS bisa langsung membalas dengan cepat keluhan yang masuk dari yang pertama hingga yang terakhir karena system ticketing yang telah tersusun di dalam interface yang indah dan juga nyaman untuk digunakan sehingga admin CS bisa dengan mudah mengoperasikannya. Selain itu, satu dashboard bisa diakses oleh lebih dari satu admin CS karena memiliki fitur multi agent untuk mempermudah customer service dalam melayani pertanyaan dan keluhan pelanggan yang membeludak.

3 .Platform dari Sociomile ini mampu memberikan kinerja yang lebih optimal pada layanan customer service suatu perusahaan. Sehingga nantinya setiap pelanggan bisa mendapatkan jawaban mandiri atas keluhan yang dilayangkannya. Hadirnya aplikasi tersebut, bahkan mampu meningkatkan keuntungan suatu perusahaan karena aktivitas interaksi antara brand dan konsumen akan terjalin dengan baik serta bisa langsung dimonitor dari mulai melakukan percakapan hingga terjadinya suatu transaksi atau kesepakatan bisnis yang terjalin antara anda dan pelanggan.