Informasi merupakan sebuah pemberitahuan atau kabar berita yang disampaikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung atau dengan kata lain informasi merupakan hasil pengolahan data yang memiliki arti atau manfaat bagi penerimanya. Kebutuhan manusia saat ini terhadap informasi begitu sangat besar.

Berbagai kalangan masyarakat baik itu masyarakat bawah, menengah hingga masyarakat atas, semuanya memerlukan informasi meskipun bentuk serta kadar informasi yang dibutuhkan antara yang satu dengan lainnya selalu berbeda-beda. Namun pada intinya, semua manusia yang normal akan sangat membutuhkan informasi yang bisa membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Teknologi Informasi
                                                                   Teknologi Informasi

Dikarenakan begitu besarnya kebutuhan manusia akan informasi, maka bermunculan lah perangkat yang bisa membantu seseorang atau lembaga dalam memperoleh informasi secara cepat dan tepat. Perangkat itulah yang termasuk ke dalam bagian dari teknologi informasi. Teknologi informasi yaitu sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terus pada aplikasi perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

Teknologi informasi juga bisa didefinisikan sebagai fasilitas yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Mengapa manusia sangat membutuhkan teknologi informasi ? ya, manusia memang sangat membutuhkan teknologi informasi dikarenakan bahwa informasi tersebut memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna bagi manusia. Adapun beberapa fungsi dari teknologi informasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Capture, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menangkap informasi
  • Processing, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk mengolah data masukan yang diterima untuk dijadikan suatu informasi
  • Generating yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna
  • Store, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk merekam atau menyimpan data dan informasi kedalam media contoh: disket dan lain sebagainya.
  • Retriva, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menelusuri, mendapatkan kembali informasi dan menyalin data serta informasi yang telah tersimpan
  • Transmisi, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk engirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain menuju jaringan komputer.