Telepon seluler merupakan salah satu bentuk teknologi komunikasi. Hampir semua orang saat ini mempunyai telepon seluler, mulai dari telepon seluler model dahulu yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja, hingga smartphone canggih keluaran terbaru yang sudah mempunyai banyak fitur tambahan di dalamnya.

Fungsi telepon seluler maupun smartphone sebenarnya sama, yaitu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Yang membedakan hanya fitur-fitur tambahan yang ada pada smartphone. Pada smartphone sudah dilengkapi kamera, akses untuk internet serta hiburan.

Teknologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi

Bentuk komunikasi semakin berkembang, seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi. Jika dahulu komunikasi hanya lewat telepon dan sms saja. Sekarang dengan smartphone kita bisa melakukan video call lewat beberapa aplikasi yang menyediakan layanan tersebut misalnya whatsapp, line dan bbm/blackberry messenger. Mungkin hampir semua orang yang mempunyai smartphone kenal dengan ketiga aplikasi tersebut.

Dengan layanan video call kita bisa menelfon orang lain dengan melihat wajahnya sehingga seolah olah orang yang kita telfon berada di hadapan kita. Selain fitur video call ketiga aplikasi tersebut juga menyediakan layanan chatting gratis. Untuk menikmati kedua layanan tersebut, kita hanya perlu menyediakan kuota internet dan jaringan yang stabil. Fitur lain yang ada pada smartphone adalah akses internet.

Mudahnya akses internet menggunakan smartphone membuat segala informasi bisa dengan mudah kita dapatkan. Smartphone juga mendukung fitur hiburan misalnya memutar video dengan aplikasi youtube atau bermain game online yang bisa kita unduh lewat aplikasi playstore.

Dengan semakin majunya teknologi komunikasi, kita bisa berhubungan dengan orang yang berada jauh dengan video call. Namun di satu sisi kita juga menjauhkan orang yang berada di dekat kita misalnya saat sedang berkumpul dengan teman, kita malah sibuk dengan smartphone masing masing, entah itu akses internet bermain game atau bermain social media.

Kita harus bijak dalam menggunakan smartphone yang kita miliki, jangan sampai mendekatkan yang jauh tetapi malah menjauhkan yang dekat. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda, dan semoga dengan adanya ulasan di atas bisa mengintrospeksi diri masing-masing apakah anda seperti itu atau tidak.