Vitamin A kesehatan mata mengapa begitu ? Vitamin A sering disebut sebagai vitamin yang dapat memberikan nutrisi pada mata. Itu mengapa vitamin A dipercaya dapat mengurangi gangguan pada mata seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, silinder, rabun ayam, dan lain-lain.

Namun, lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin A sebelum terkena gangguan mata untuk dapat mencegahnya.Karena jika kita kekurangan vitamin A dapat merangsang gangguan pada mata atau penyakit pada mata seperti yang telah disebutkan diatas.Untuk kandungan vitamin A sendiri banyak terdapat di makanan. Sebenarnya, jika dilihat dari sumbernya vitamin A dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

Vitamin A Kesehatan Mata
                                                             Vitamin A Kesehatan Mata
  • Beta Karoten

Beta Karoten merupakan vitamin A yang berasal dari nabati , seperti sayuran, buah-buahan, dan umbi.

  • Retinol

Retinol merupakan vitamin A yang berasal dari hewani, seperti daging sapi, susu, hati ayam.

Vitamin A kesehatan mata yang satu ini tidak dikira memiliki banyak manfaat bagi mata adalah

Paprika Merah

Paprika tergolong sayuran yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.Sayuran yang satu ini masih tergolong family dengan cabai. Paprika Merah sendiri kaya akan Vitamin A sebesar 3.131 IU, tertinggi dibandingkan jenis paprika lain. Kandungan vitamin A pada paprika merah baik bagi kesehatan mata dengan cara melindungi retina dan mencegah kerusakan pada dinding oksidatif bagian dalam mata.

Tidak hanya itu manfaat lain vitamin A pada paprika dapat mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula (penurunan penglihatan memandang lurus ke depan atau tidak fokus). Untuk yang sedang diet lebih baik menambahkan paprika pada diet Anda agar Anda dapat menjada kesehatan mata Anda pula.Tidak hanya vitamin A yang terkandung didalam paprika namun terdapat banyak kandungan vitamin C juga.Banyak sekali manfaat yang terkandung bagi tubuh kita tidak hanya untuk kesehatan mata.

Jadi, vitamin A kesehatan mata sangat penting bagi kita yang telah mengalami gangguan atau penyakit pada mata. Agar tidak lebih parah atau menimbulkan gangguan lain pada mata kita dan dapat mengurangi gangguan pada mata kita. Walaupu tidak bisa 100% sembuh total namun bisa mengurangi gangguan pada mata kita. Tetapi jangan pula memakan paprika merah secara berlebihan karena yang berlebihan pun tidak baik. Seimbangkan juga kandungan vitamin dan zat yang kita makan untuk kebutuhan tubuh.