Kulit wajah setiap orang tentulah berbeda. Karena hal ini lah, perawatan kulit dan cara penanganannya pun tentu tidaklah sama. Ada baiknya sebelum Anda memilih produk kecantikan, haruslah mengetahui terlebih dahulu jenis kulit seperti apa sebenarnya yang Anda miliki.

Ada lima jenis kulit wajah yang selama ini diketahui, yakni kulit normal, berminyak, kombinasi, kering dan sensitif. Untuk dapat mengetahui jenis kulit seperti apa yang Anda miliki sehingga akan mudah untuk menentukan perawatan kulit yang akan diambil, Anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhan. Yaitu, saat Anda bangun dari tidur di pagi hari, ambilah selembar tisu dan usapkan pada wajah. Untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki, perhatikan tisu dari hasil sapuan wajah Anda.

Kulit normal

Jika Anda memiliki jenis kulit normal, maka pada saat menyapukan tisu ke wajah, tidak akan ada bekas minyak yang menempel. Selain itu, kulit normal cederung sangat jarang mengalami masalah kulit. Tekstur wajah yang dimiliki pun akan terasa kenyal dan nampak elastis.

Kulit berminyak

Saat Anda menyapukan tisu di wajah pada pagi hari, untuk kulit yang berminyak akan tampak titik-titik minyak yang akan menempel. Area yang biasa mengalami produksi minyak wajah paling banyak adalah dahi, hidung dan pipi. Tekstur kulit berminyak juga tampak kasar, mengkilap, tebal dan mudah berjerawat.

Kulit kering

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, saat Anda mengusapkan tisu ke wajah, tidak akan ada minyak wajah yang menempel. Hanya saja, Anda akan merasakan kulit terasa kering dan wajah terlihat bersisik. Warna kulit wajah pun cenderung pucat, keriput dan rentan terhadap penuaan.

Kulit Kombinasi

Seseorang yang memiliki kulit wajah kombinasi, akan merasakan kulit kering sekaligus berminyak pada saat yang bersamaan. Biasanya area dahi dan hidung akan mengalami produksi berminyak berlebih, namun dibagian pipi tidak akan terlihat.

Kulit sensitif

Untuk jenis kulit yang sensitif, biasanya akan merasakan kulit wajah kekeringan secara berlebihan. Kulit juga sangat mudah meradang, merah-merah, bersisik dan juga iritasi. Jika Anda memiliki jenis kulit ini, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Dan jika sudah menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulitmu, sebaiknya setialah. Karena, tidak mudah menemukan produk yang benar-benar cocok untuk jenis kulit ini.

Itu tadi lima ciri jenis kulit dan cara sederhana untuk mengenalinya. Dengan mengetahui jenis kulit Anda, akan sangat memudahkan Anda untuk memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit wajah Anda. Sebaiknya, jangan mudah tergiur dengan perawatan kecantikan yang lagi trend, karena bisa jadi hal itu tidak sesuai dengan Anda. Dan juga, janganlah bergonta-ganti produk kecantikan, karena hal ini malah akan menyebabkan kulit Anda rusak. Perbanyak minum air putih, konsumsi buah-buahan dan sayuran, untuk perawatan kulit dari dalam. Semoga bermanfaat.