Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini, sehingga pada kondisi apapun, manusia harus selalu memperhatikan kesehatannya agar bisa melakukan berbagai hal atau kegiatan kesehariannya dengan maksimal. Adapun satu kondisi yang mengharuskan anda tetap untuk menjaga kesehatan adalah ketika anda sedang melakukan ibadah puasa.

Hidup sehat saat bulan puasa sangat penting untuk diperhatikan karena jika anda berada dalam kondisi yang sehat maka anda akan tetap bisa melakukan berbagai kegiatan atau aktifitas keseharian kita tanpa merasa terganggu oleh adanya kegitaan puasa tersebut. Jika kita tidak memperhatikan kesehatan pada saat berpuasa, maka kita tidak bisa leluasa untuk mengerjakan berbagai hal yang semestinya kita lakukan pada saat bulan puasa.

Nah, jika anda ingin selalu hidup sehat saat bulan puasa, ada beberapa prinsip wajib yang harus anda perhatikan. Adapun beberapa prinsip wajib tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tidur yang cukup. Pola hidup sehat saat puasa pertama yang perlu diterapkan adalah tidak tidur terlalu malam. Di bulan puasa, Anda perlu bangun lebih pagi dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu tidur lebih awal agar kebutuhan tidur tetap terpenuhi, paling tidak selama 7 jam.
  2. Jaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Seseorang yang berpuasa perlu mengusahakan untuk tetap mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi. Hal ini dapat menghindarkannya dari dehidrasi yang dapat membuat tubuh terasa lemas dan tidak bergairah. Anda bisa mengonsumsi air sebelum dan saat sahur, setelah buka puasa, dan sebelum tidur. Namun, tidak semua air baik dikonsumsi di bulan puasa. Kopi, teh, dan minuman bersoda termasuk kategori minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat ramadhan.
  3. Jangan melewatkan sahur. Usahakan untuk selalu menyempatkan makan sahur setiap harinya. Makan sahur yang baik ialah yang dilakukan mendekati fajar. Hal ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah rasa lapar yang mungkin akan datang lebih cepat jika Anda sahur terlalu malam.
  4. Prinsip hidup sehat saat bulan puasa berikutnya adalah makan secukupnya saat buka puasa. Terlalu banyak makan saat berbuka bisa mengakibatkan perut kembung dan badan menjadi lesu. Apalagi jika makanan dan minuman yang Anda konsumsi kaya akan gula dan berlemak tinggi. Akibatnya, Anda bisa terkena gangguan pencernaan dan penambahan berat badan yang drastis di akhir bulan Ramadan.