Memperhatikan menu yang sehat untuk berbuka puasa adalah hal yang sangat penting. Untuk anda yang sedang bingung dalam mencari referensi menu berbuka yang sehat maka simaklah tips berbuka puasa sehat berikut ini. Seharian berpuasa, tentunya cairan dalam tubuh kita akan berkurang banyak, jadi untuk mengembalikannya lagi anda harus menghidrasi tubuh Anda kembali.

Selain minum banyak air putih, minuman terbaik lainya untuk berbuka puasa ialah jus buah atau sayuran misalnya saja jus wortel, apel dan pisang. Selain jus ada banyak sekali jenis minuman yang kerap dijadikan menu dalam berbuka seperti seperti es cendol, kolak, es teh manis, dan juga es sirup. Anda tidak dilarang untuk mengkonsumi minuman tersebut, namun sebaiknya jangan berlebihan.

Sebab minuman tersebut mengandung gula, yang jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh. Adapun jenis-jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi ketika berbuka puasa adalah jus buah, buah-buahan, kaldu sayuran, sayuran mentah, yoghurt, telur, susu, kacang-kacangan, daging dan takjil. Menurut ahli kesehatan, dalam memilih takjil sebaiknya harus memilihi yang sehat seperti sari buah alami atau jus.

Sari buah memiliki kandungan sedikit serat yang dapat diserap dengan cepat sehingga bisa membuat tubuh menjadi berenergi kembali. Selain sari buah, mengonsumsi buah kurma juga sangat dianjurkan. Tidak hanya itu saja masih banyak pilihan takjil lainnya yang dapat anda coba seperti salad buah, sop buah dengan pemanis madu, dan juga agar-agar.  Tips berbuka puasa sehat selanjutnya adalah memilih lauk yang tepat, untuk lauk kita juga harus memilih lauk yang kaya akan nutrisi seperti ayam rebus atau ayam panggang, tumis sayur, ikan bakar,  aneka sup, daging nasi merah atau sayur kentang.

Beberapa menu makanan tersebut dapat menjadi pilihan, sebab menu ini selain sehat juga aman untuk pelaku diet yang tengah berpuasa. Demikianlah ulasan tentang tips berbuka puasa sehat. Berbuka puasalah dengan makanan yang bergizi dan sehat agar ibadah puasa anda lancar dan kesehatan anda tetap terjaga.