Salah satu fenomena yang terjadi saat ini adalah ketika sebagian besar masyarakat dunia begitu sangat menggandrungi sebuah perangkat yang bernama gadget. Ya, perkembangan gadget ini sangat dirasakan oleh semua pihak saat ini. Bukan hanya remaja dan orang tua, anak – anak pun sangat menyukai gadget tersebut. Sangat disarankan bagi para orang tua agar senantiasa membatasi penggunakan gadget oleh anak – anak. Hal tersebut agar tidak mengganggu kegiatan penting mereka seperti belajar dan lain – lain. Nah, untuk mencegah anak anda terlalu asyik dengan gadgetnya, sebagai orang tua anda harus memiliki pengetahuan yang banyak tentang bagaimana cara menggunakan gadget yang bijak untuk anak – anak anda.

Bagi anda yang membutuhkan pengetahuan tentang cara menggunakan gadget yang bijak untuk anak, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Buat jadwal penggunaan gadget untuk anak. Anda bisa membuat jadwal kapan si kecil boleh bermain gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuh benda tersebut. Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk ibu tidak memberikan ponsel pada anak, sehingga ia bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.
  2. Tunjukkan bagaimana cara menggunakan gadget yang baik dan benar. Perilaku orang tua selalu menjadi cerminan utama yang akan ditiru oleh anak. Inilah mengapa ibu dan ayah perlu selalu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, termasuk saat menggunakan ponsel. Sebaiknya, hindari memegang gadget ketika ibu atau ayah sedang bersama anak, karena ini akan membuat mereka jadi kecanduan ponsel pada akhirnya.
  3. Isi waktu anak dengan kegiatan bebas gadget. Ajaklah anak untuk mengunjungi toko buku dan membaca buku favorit mereka. Anda juga bisa mengikutsertakan anak dalam berbagai klub yang ia sukai, seperti misalnya sepakbola, basket, atau musik. Jangan lupa, ajari juga si kecil untuk bersosialisasi dengan tetangga atau teman-temannya.
  4. Cara menggunakan gadget yang bijak untuk anak lainnya adalah dengan memberitahukan kepada anak anda tentang bahaya menggunakan gadget yang berlebihan. Misalnya saja beritahukan pada si kecil bahwa gadget akan membuat ia menjadi pribadi antisosial nantinya. Anak tidak akan suka bersosialisasi karena perhatiannya selalu terfokus pada layar di hadapannya. Ini tentu saja tak baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.