Seperti yang kita diketahui oleh banyak orang, ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Namun pada saat kita bosan, sebagian orang mungkin hanya akan memilih menghabiskan waktu di rumah saja, seperti menonton, bermain game, atau tidur.

Meski terlihat tampak menyenangkan, namun ketiga hal  tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan. Jika Kamu merasa jenuh dan juga bosan, alangkah baiknya untuk mencoba menghabiskan waktu di luar ruangan atau di alam terbuka, seperti berkebun atau sekadar jalan – jalan sore. Para sains menjelaskan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

kesehatan tubuh

Apa saja manfaatnya ? Yuk simak beberapa penjelasannya, seperti yang dilansir dari The Health Site:

1 . Melakukan Interaksi dengan Alam Terbuka

Dewasa ini ada banyak sekali potensi yang muncul timbulnya stres pada setiap orang. Stres sendiri merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu atau memperburuk berbagai macam jenis penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Jadi pada intinya, semakin memiliki banyak sekali waktu yang dihabiskan di alam terbuka, maka akan semakin sehat pula tubuh kita. Studi memaparkan bahwa aktivitas – aktivitas seperti berkebun terbukti mampu  mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kesehatan tubuh pada setiap orang yang melakukannya.

2 . Mencegah Kelainan Mata

Alasan lain kenapa setiap orang perlu melakukan aktivitas di luar rumah karena mampu mencegah Kelainan mata seperti miopia atau rabun jauh yang disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari. Seperti yang pernah dipaparkan oleh ahli kesehatan, ternyata paparan sinar matahari alami di awal kehidupan mampu melindungi anak-anak dari perkembangan miopia. Maka dari itu, lakukanlah aktivitas tersebut sebagai pola hidup sehat.

3 . Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sangat diwajibkan sekali untuk setiap orang agar selalu menghabiskan waktu di tengah alam terbuka karena terbukti mampu membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Finlandia menunjukkan bahwa melakukan aktivitas berlari dan bermain di alam terbuka dapat meningkatkan prestasi akademik anak-anak.