Orang dewasa mungkin punya alasan untuk tidak bangun pagi. Alasan pekerjaan, kesibukan, kelelahan, atau lain sebagainya, sehingga di pagi hari akan terlambat untuk bangun di pagi hari. Tetapi berbeda dengan seorang anak. Mereka belum memiliki pekerjaan yang banyak ataupun jadwal yang padat sehingga menyebabkannya telat tidur. Bisa jadi hal ini karena tidak adanya disiplin dari orang tua mengenai jam tidur mereka, atau terlepas dari pengawasan kita.

Anak memang tidak mungkin tidak merasa lelah sehingga mereka jadi terlambat bangun pagi Kelincahan dan aktivitas bermain yang tanpa mereka sadari telah menguras tenaga, membuat mereka terlelap dalam rasa capek. Dan lagi, tidur membawa kenikmatan tersendiri bagi mereka. Belum lagi, biasanya tak ada disiplin untuk mereka untuk bangun di pagi hari. Hal ini akan semakin mempersulit orang tua untuk membangunkan mereka, apalagi di masa transisi, saat anak belum sekolah dan memasuki usia mulai sekolah. Kebiasaan bangun seenaknya akan terganggu dengan kebiasaan baru yang mengharuskan mereka bangun lebih pagi dari biasanya. Hal ini bisa menjadi sebab utama mengapa anak jadi susah untuk dibangunkan setiap pagi.

Bangun Pagi

Mengajarkan anak untuk bangun setiap pagi memang penting, namun yang harus Anda perhatikan dari disiplin adalah, apakah anak memiliki tidur yang cukup?

Anak memang memiliki jam tidur yang harus mereka penuhi setiap harinya. Selain sangat baik untuk kesehatan mereka, juga membantu tumbuh kembang mereka. Anak yang baru lahir misalnya, harus memenuhi waktu 20 jam dalam sehari untuk tidur. Walau seiring bertambahnya usia mereka, jam tidur tersebut akan semakin berkurang.

Anak yang berusia di bawah 10 tahun, membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam dalam sehari. Hal ini sebaiknya dipenuhi di malam hari, saat anak-anak sudah tidak bisa lagi diminta untuk tidur siang. Tidur yang cukup membuat mereka akan mudah berdisiplin untuk mengatur waktu bangun di pagi hari. Terapkan pola bangun tidur ini dengan konsisten, sehingga mereka menjadi terbiasa. Ini juga akan membantu dan meringankan orang tua dalam membangun mereka. Tidak lagi harus menggunakan drama yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu.

Bagaimana, sudah siapkah membuat anak bangun pagi setiap harinya? Yuk, ajarkan anak disiplin sejak dini.