Keberadaan oli bagi sebuah kendaraan merupakan hal yang penting. Cairan yang satu ini bekerja sebagai pelumas untuk mesin agar tidak terjadi benturan yang dapat merusak fungsi mesin pada mobil. Ada banyak jenis dan merk oli mobil yang dijual dipasaran, salah satunya ada Top 1 yang merupakan merk terbaik. Untuk membuat performa kendaraan anda baik, maka kita harus memilih oli yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk dapat memperoleh pelumas yang tepat, diantaranya:

oli mobil
oli mobil

1. Memahami karakter mesin

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memahami karakter mesin pada mobil anda. Caranya dengan melihat buku petunjuk yang bisa anda peroleh saat pembelian mobil. Di dalam buku tersebut, dijelaskan secara terperinci tentang mesin dan jenis oli yang tepat. Namun jika tidak ada, anda bisa menanyakan langsung pada si penjual mobil tersebut. Bukan masalah merk, yang terpenting adalah kecocokan pelumas tersebut pada mesin mobil anda.

2. Perhatikan kekentalan oli

Secara umum fungsi oli memang sama, namun cairan ini tidak dapat melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter mobil anda. Kandungan pada oli biasanya dibedakan dari kekentalan cairan tersebut. Hal ini biasanya dapat dilihat dari kode nomor yang terdapat pada kemasan oli. Semakin besar angka yang ada di belakangnya, maka semakin kental juga kandungan oli di dalamnya.

3. Perhatikan bahan

Hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli oli adalah bahan pembuatan oli tersebut. Pada umumnya ada dua jenis oli yang dibedakan berdasarkan bahannya. Yang pertama ada oli sintetis yang terbuat dari bahan kimia dan bersifat aditif. Dan yang kedua ada oli mineral yang terbentuk dari ekstrak minyak bumi dan lebih bersifat alami. Kedua jenis oli tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan kendaraan anda.

Itulah beberapa cara untuk dapat memperoleh oli yang tepat untuk kendaraan anda. Untuk itu pilihlah oli mobil yang berkualitas seperti Top 1.