Sekolah Broadcasting di Jakarta – Dulu, mungkin kuliah broadcasting menjadi pilihan ke sekian. Sekarang, jurusan ini semakin diminati, terutama di kota besar, seperti Jakarta. Ibukota negara ini adalah pusat segala industri broadcasting terkemuka di Indonesia. Beberapa universitas sudah memasukkan kurikulum broadcasting ke dalam jenjang Strata 1-nya, contohnya Kalbis Institute, atau biasa disebut kampus Kalbe BINUS; BSI; dan sebagainya.

Atau, kalau ingin PTN, bisa juga mencoba jurusan Komunikasi UI atau Sekolah Vokasi IPB. Untuk kurikulum lengkap, tentunya bisa dilihat dulu di web universitas bersangkutan. Sebetulnya, Apa Itu Broadcasting? Broadcasting adalah suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser kepada masyarakat melalui proses pemancaran sinyal atau elektromagnetik ke berbagai lokasi secara bersamaan.

Apa saja yang dipelajari oleh para mahasiswa jurusan broadcasting? Hal-hal berikut mungkin bisa menambah informasi bagi Anda yang ingin kuliah broadcasting atau hanya sekedar penasaran. Dalam hal ini, Anda bisa langsung sekolah broadcasting di Jakarta. Ilmu-ilmu dasar yang dipelajari di jurusan broadcasting ini diantaranya adalah:

  • Pengantar dunia broadcasting atau penyiaran: mempelajari segala sesuatu yang ada pada radio dan televisi, seperti perlengkapan dan tenaga kerja yang diperlukan.
  • Pengantar ilmu komunikasi: mempelajari cara-cara berkomunikasi dengan baik melalui media elektronik.
  • Fotografi: mempelajari teknik foto yang baik yang melibatkan pencahayaan, sudut pengambilan dan sebagainya.
  • Announcing: mempelajari tentang cara berkomunikasi atau berbicara kepada publik secara benar dan jelas, dengan teknik pernafasan yang baik.

Untuk tugas-tugas perkuliahan, umumnya mahasiswa akan diminta untuk membuat project antara lain video klip, film pendek (FTV), film dokumenter, drama, dan sebagainya. Setelah itu, di akhir perkuliahan, mereka membuat sebuah simulasi siaran, seperti layaknya kegiatan penyiaran yang sebenarnya. Kurikulum di sekolah broadcasting di Jakarta ini didominasi oleh praktik, bukan kuliah teori tatap muka seperti perkuliahan pada umumnya.

Keuntungan berkuliah broadcasting di Jakarta adalah mahasiswanya dapat melakukan kunjungan ke beberapa stasiun radio dan televisi terkemuka di Jakarta, seperti Kiss Fm, Prambos Fm, Trans TV, Metro TV, Karnos Film, dan sebagainya.