Buku merupakan sebuah buku khusus yang digunakan untuk mencatat surat-surat yang masuk dalam sebuah perusahaan, bisnis, atau organisasi. Buku agenda itu memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan perusahaan, bisnis, atau organisasi. Secara garis besar, fungsi-fungsi dari buku tersebut meliputi

1. Bukti Surat Masuk dan Keluar

Dengan adanya buku agenda kerja, secara detail dari setiap yang masuk atau bahkan keluar dapat diidentifikasi dengan mudah. Pencarian semua berkas terkait pun akan mudah terbantu dengan adanya buku kerja.

buku agenda
buku agenda

2. Mengetahui Jumlah Surat Masuk dan Keluar Dalam Kurun Waktu Tertentu.

Terkadang ada sebuah keadaan di mana perusahaan, bisnis, atau organisasi perlu menengok kembali berapa jumlah surat masuk ataupun surat keluar dalam periode tertentu. Dengan membuat rincian dalam sebuah buku kerja, situasi seperti ini akan dapat dilakukan dengan mudah.

3. Mengetahui Penomoran Surat Keluar

Untuk mengeluarkan sebuah surat, maka perlu membuat penomoran yang runtut dari satu surat ke surat yang lain. Apabila daftar surat yang dikeluarkan telah terangkum dalam buku kerja, maka untuk pemberian nomor akan semakin cepat dilakukan.

Macam-macam Buku Agenda Kerja

Untuk mengetahui jenis buku mana yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, maka berikut ini disajikan penjelasannya untuk Anda

  • Buku Agenda Tunggal

Jenis buku kerja ini sangat cocok digunakan untuk pencatatan surat masuk dan surat keluar. Penomoran dilakukan sekaligus secara berurutan pada setiap halaman untuk per halaman.

  • Buku Agenda Berpasangan

Buku jenis ini terdiri dari buku surat masuk dan buku surat keluar. Kolomnya sengaja dibedakan atau dibuat secara terpisah. Penomoran dalam jenis buku ini juga turut dipisah.

Inilah beberapa hal seputar buku agenda yang bisa membantu untuk memudahkan kinerja Anda. Anda bisa melihat jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Snapy. Snapy adalah online store yang menawarkan produk tersebut dengan desain yang unik. Selain itu, produk ditawarkan dengan harga terjangkau.