Apa yang pertama kali terpikir saat mendengar sekolah film? Pasti sesuatu yang mengasikan, ya. Bagi para penyuka film dan ingin berkecimpung di dalamnya, sekolah film di Jakarta bisa jadi rekomendasi. Dengan menekuni sekolah bidang perfilman, bukan tidak mungkin suatu saat bisa terjun di dalam dunia film.

Namun, sebelum benar-benar masuk ke sekolah film di Jakarta, ada baiknya mencari tahu dulu apa yang nanti akan dipelajari. Apa saja ya, kira-kira? Simak ulasan berikut sampai selesai!

  • Producing

Hal pertama yang akan dipelajari dalam sekolah film adalah yang satu ini. Mulanya akan dikenalkan tentang dasar sebuah produksi audio visual, seperti workflow, pra-produksi, sampai dasar-dasar utama pasca-produksi. Manajemen produksi juga menjadi  bagian yang dipelajari, seperti apa peran dari Asisten Sutradara sampai Produser Pelaksana. Seru, bukan?

Sekolah Film Di Jakarta
Sekolah Film Di Jakarta
  • Screenwriting

Yang satu ini merupakan mata kuliah wajib di setiap sekolah film. Dalam screenwriting ini akan diajarkan bagaimana cara menulis skenario. Dari mengenal sampai membedah ide dasar, karakterisasi, pemetaan cerita, premis, dan sebagainya. Ini akan terus dipelajari sampai setiap orang bisa menulis secara utuh skenario film pendek.

  • Film History

Anak film yang tak mengenal sejarah film adalah hal yang patut dipertanyakan. Di sini, akan dipelajari mengenai sejarah terbentuknya film dunia dan nasional. Era yang membentuk industri film seperti Hollywood dan Sinema Indonesia wajib dipahami betul. Nantinya, hal-hal tersebut akan diteliti dari berbagai segi misalnya sosial, budaya, teknologi, sampai ekonomi industri.

  • Cinematography

Selain hal-hal di atas, ini dia yang juga akan dipelajari dalam sekolah film. Cinematography akan mencakup sejarah dari kamera film, juga apa saja peran seorang penata kamera. Akan dipelajari juga mengenai teori konsep visual, dasar pemakaian kamera video, sampai membuat konsep visual dari sebuah script. Menarik sekali, ya.

Nah, itu dia beberapa hal yang akan dipelajari dalam sekolah film di Jakarta. Bagaimana, semakin tertarikkah untuk masuk dalam dunia ini?