Hal yang terpenting dalam memilih baju kerja wanita adalah memilih baju yang membuat anda nyaman. Kenyamanan dari baju biasanya dipengaruhi oleh bahan  dasar yang digunakan untuk membuat baju tersebut. Untuk itu demi mendapatkan kenyamanan dalam bekerja anda perlu untuk memilih baju kerja dengan bahan dasar yang mampu memberikan kenyamanan.

Dalam memilih bahan untuk baju kerja yang nyaman ini bergantung pada kondisi tempat kerja anda. Ada dua jenis bahan yang biasanya digunakan untuk bahan seragam kerja yaitu kain polyester dan kain katun. Kedua jenis bahan ini mempunyai sifat yang sangat berlawanan baik bahan penyusunnya maupun kesesuaian kain saat digunakan di tempat dengan kondisi tertentu.

Bahan pertama yang digunakan untuk baju kerja wanita adalah kain polyester. kain polyester dibuat dari bahan dasar plastik yang kemudian diolah menjadi serat-serat plastik dan selanjutnya dijadikan lembaran-lembaran kain. Melihat bahan dasar dari kain polyester, baju kerja yang terbuat dari kain ini sangat cocok untuk anda yang bekerja dengan banyak gerak karena kain ini memiliki sifat tidak melar dan tidak mudah kusut saat digunakan.

Baju kerja berbahan polyester ini sangat nyaman untuk digunakan di ruang kerja ber-AC atau ruangan dengan suhu yang rendah karena sifat dari kain polyester yang yang tidak mudah menyerap keringat. Kelebihan lain yang ditawarkan baju kerja berbahan polyester adalah lebih cepat kering setelah dicuci sehingga tidak perlu khawatir jika anda tidak mempunyai baju kerja ganti.

Bahan kedua yang digunakan untuk membuat baju kerja wanita adalah kain katun. Kain katun terbuat dari bahan-bahan alami atau tumbuh-tumbuhan. Baju kerja berbahan dasar kain katun biasanya digunakan untuk bekerja di ruangan yang tidak ber-AC yaitu pabrik yang mempunyai suhu yang tinggi karena kain katun mempunyai daya serap yang tinggi sehingga lebih cepat menyerap keringat.

Kain katun biasanya mempunyai sifat lebih mudah kusut dan proses pengeringannya membutuhkan waktu yang cukup lama setelah dicuci. Jadi, anda perlu untuk membuat baju kerja pengganti jika sewaktu-waktu baju kerjamu belum kering. Selain mengenali jenis kain yang digunakan untuk seragam kerja, anda juga harus memodifikasi baju kerja kerja asalkan tidak melanggar peraturan. Anda juga bisa memadukan warna baju kerja anda dengan warna yang pas.