Memiliki anak menjadi salah satu amanah terbesar dan menjadi tanggung jawab terbesar pula dalam kehidupan seseorang. Menjadikan anak tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang hebat adalah impian bagi semua orang tua. Hebat di sini memiliki arti atau makna yang berbeda-beda bagi setiap orang. Tapi pastinya anak hebat adalah anak yang tumbuh dan berkembang dengan tidak kurang satu apapun.

Agar Anda bisa mencetak anak yang hebat ada beberapa tips atau langkah-langkah yang bisa Anda coba lakukan saat Anda mendidik anak kesayangan Anda. Simak ulasan berikut ya.

Langkah Mendidik Anak Jadi Hebat

Jangan Dimanja

Hindarilah sebisa mungkin memanjakan mereka, seperti memberikan hadiah atau memberi bantuan secara terus menerus. Hadiah boleh diberikan kepada anak sebagai apresiasi karena mereka bisa atau telah berhasil menyelesaikan sesuatu melalui usahanya sendiri.

Ajarkan Bersyukur dan Terima Kasih

Mengajarkan kebiasaan bersyukur dan berterima kasih selalu dimulai dengan menjadi contoh bagi anak-anak kita. Misalkan saat liburan coba katakan ‘’Kak bersyukur ya kita bisa liburan bareng sekeluarga’’. Saat anak melakukan hal baik coba juga tidak ragu mengucap terima kasih. “Terima kasih ya kak, kakak sudah menemani mama belanja hari ini.” 

Ketika anak mulai meniru kebiasaan ini dan menginternalisasinya, anak akan menumbuhkan karakter untuk tidak mudah menginginkan milik orang lain dan mampu mensyukuri apapun yang dimiliki.  

Selain itu, mengucapkan kata tolong setiap kali meminta anak melakukan sesuatu juga bisa dibentuk sejak dini. Dengan menumbuhkan kebiasaan mengucapkan kata tolong pada anak, orang tua membangun karakter agar anak mengapresiasi dan menghargai pertolongan orang lain kepada mereka. Hal sepele namun bisa mencetak anak hebat ini tidak boleh terlewatkan.

Biarkan Bersosialisasi

Berikan kesempatan pada anak Anda untuk melakukan sosialisasi dengan teman sebayanya. Jangan kurung anak Anda di rumah saja dan hanya bermain dengan Anda, ada baiknya mengenalkan anak Anda pada kegiatan sosial seperti mengajak ke panti asuhan atau panti jompo sejak dini sehingga bisa membentuk jiwa sosialnya sejak dini. Anda juga bisa mengajak anak untuk silaturahmi ke sanak saudara.

Jika jiwa sosial sudah terbentuk, anak Anda akan menjadi pribadi yang membanggakan nantinya. Jangan ragu untuk membiarkan buah hati Anda bertemu orang dan berbagi dengan orang-orang disekitarnya. Mulai dari rumah dan secara bertahap coba ajak ke tempat-tempat sosial. Jadwalkan secara rutin untuk menyempatkan waktu mengunjungi kerabat.

Well, itu dia sedikit tips untuk bisa mendidik anak menjadi anak hebat. Lakukan langkah-langkah berikut sejak dini agar terbiasa hingga dewasa kelak.