Internet yang memberikan kebebasan akses bagi siapapun bagai pedang bermata dua. Di satu sisi dapat membuka peluang usaha kecil dengan pangsa pasar yang luas, disisi lain dapat pula dimanfaatkan oleh fihak-nikah yang kurang bertanggung jawab. Penipuan menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi pengusaha online ini dapat menjamah lini apapun di usaha online

Peluang usaha kecil ataupun besar dapat dilakukan dengan mudah menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika saat ini sangat marak bisnis online di lakukan. Hal tersebut tentunya sangatlah wajar karena dengan menggunakan jaringan internet para pelaku usaha dapat mendapatkan berbagai keuntungan dan juga kemudahan.

Salah satu keuntungannya adalah kecilnya modal yang dibutuhkan dan jaringan pangsa pasar yang sangat luas. Namun dengan berbagai kelebihan tersebut bukan berarti bisnis internet tidak memiliki kelemahan. Jika Anda merupakan pelaku usaha di dunia internet Anda wajib mengetahui kelemahannya berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Tingkat penipuan yang tinggi. Internet yang memberikan kebebasan akses bagi siapapun bagai pedang bermata dua. Di satu sisi dapat membuka peluang usaha kecil dengan pangsa pasar yang luas, disisi lain dapat pula dimanfaatkan oleh fihak-nikah yang kurang bertanggung jawab. Penipuan menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi pengusaha online ini dapat menjamah lini apapun di usaha online. Misalkan untuk penjualan produk pembeli fiktif mengintai Anda jika Anda tidak waspada. Untuk jasa online penipuan order akan selalu mengintai. Maka berhati-hati pada saat melakukan transaksi online batik untuk penjual ataupun pembeli mutlak harus dilakukan.
  • Jasa pengiriman yang tidak amanah. Usaha online sangatlah ketergantungan pada jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Hal ini sangatlah jelas karena penjual dan pembeli melakukan transaksinya melalui internet tanpa bertemu langsung, sehingga barang yang diperjualbelikan belikan akan dikirim melalui jasa pengiriman. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri. Karena memiliki berbagai resiko seperti paket yang rusak, terlambat dan tidak sesuai dengan estimasi dan bahkan hingga paket tidak sampai.
  • Barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar. Pada usaha online sistem marketing yang digunakan adalah dengan mengupload foto produk yang hendak dijual. Namun terkadang saat pengambilan gambar dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari pencahayaan ataupun kualitas kamera. Hal ini dapatenimbulkan perbedaan antara produk asli dengan foto yang diiklankan. Selain dari itu size atau ukuran menjadi ke sala berikutnya. Pembeli seharusnya sudah mengetahui ukuran badannya sendiri jika ingin membeli produk secara line guna meminimalisir ketidaksesuaian.

Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh usaha online. Namun apapun itu peluang usaha kecil berbasis internet dapat dilakukan dengan mensiasati hal tersebut di atas.