Selain pendidikan anak usia dini,  kini ada juga lembaga pendidikan informal yang bisa anda pilih untuk menitipkan anak anda supaya memperoleh ruang belajar sejak dini,  yakni preschool. Preschool adalah suatu jenjang pendidikan yang paling dini dimana preschool dikhususkan bagi anak anak balita yang belum mencukupi umur untuk masuk jenjang pendidikan formal. 

Preschool juga hadir untuk menyiapkan anak anak supaya lebih siap dan beradaptasi saat harus masuk jenjang pendidikan formal ke depannya. Salah satu preschool internasional jakarta adalah ica School.  Namun beberapa orang tua kadang bingung kapan anak harus dimasukkan ke preschool. 

Berikut ini adalah beberapa indikator yang bisa dijadikan tolak ukur kesiapan anak masuk preschool,  di antaranya adalah :

1. Saat masuk usia 3 tahun ke atas

Anak pada usia 3 tahun sudah mulai bisa diajak komunikasi dengan baik.  Dan anak pun sudah bisa bisa melakukan timbal balik dan respon pada kondisi lingkungan.  Sehingga pada usia 3 tahun ke atas anak sudah bisa dimasukkan ke suatu tempat yang banyak orang seperti preschool misalnya untuk belajar.  Jika anak masih di bawah 3 tahun biasanya belum sadar lingkungan dan masih bergantung pada orang tua sehingga dianggap belum. Siap untuk masuk preschool. 

2. Saat anak sudah bisa bicara

Kemampuan anak untuk berbicara dengan jelas memang berbeda beda.  Ada yang bisa bicara dengan cepat ada juga yang mengalami keterlambatan berbicara.  Jika anda ingin memasukkan anak ke preschool maka sebisa mungkin saat anak sudah dapat berbicara dengan jelas. Sehingga akan lebih mudah bagi anak dalam bersosialisai dengan keadaan sekitarnya. 

3. Saat anak meminta

Atau anda juga bisa memasukkan anak anda ke preschool saat anak anda memintanya.  Terkadang anak anak sering menginginkan pergi ke sekolah karena melihat kakanya atau teman temannya yang lain.  Jika anak meminta berarti dia sudah ada keinginan dan kemungkinan besar sudah siap. 

Itulah beberapa indikasi yang bisa dijadikan tolak ukur kesiapan anak untuk masuk preschool.  Dan yang pasti anda harus memilih preschool terbaik seperti preschool internasional jakarta.