Penyakit jantung sudah menjadi momok tersendiri bagi manusia di era modern ini. Serangannya yang lebih sering terjadi secara mendadak, telah menjadi salah satu “pembunuh” terbanyak di dunia. Di Indonesia saja, penyakit ini menempati urutan nomor dua sebagai penyebab kematian paling tinggi tanpa memandang batas usia. Untuk itu, bagi penderitanya, pola dan cara makan sehat merupakan kunci utama yang harus diterapkan.

Pola dan cara makan sehat yang benar dapat mengurangi resiko serangan jantung. Ini nampaknya terlihat sederhana. Padahal, pola makan buruk-lah yang memiliki andil besar bagi seseorang terserang penyakit jantung. 

Bagi Anda penderita penyakit jantung, berikut pola makan benar dan sehat yang bisa Anda ikuti, sebagai pencegah serangan jantung.

1. Perbanyak porsi sayur dan buah

Kandungan yang terdapat dalam sayur dan buah, kaya akan vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Terlebih, saat mengkonsumsinya, kadar gula darah Anda tidak akan melonjak secara signifikan yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

2. Hindari makanan dengan kolesterol tinggi

Makanan yang memiliki kolesterol tinggi sangat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Sebaiknya hindari mengkonsumsi daging yang dimasak dengan suhu tinggi dan minyak banyak. Karena kolesterol bisa dengan mudah kita temukan pada makanan yang dimasak dengan cara seperti ini. Selain itu, makanan ini juga mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tidak baik untuk tubuh.

3. Kurangi garam

Dalam kondisi tubuh yang normal saja, pemakaian garam untuk setiap makanan sebaiknya dikurangi, apalagi bagi penderita jantung. Karena hal ini menjadi salah satu faktor naiknya tekanan darah seseorang, yang juga merupakan resiko penyakit jantung.

4. Batasi makan daging

Bagi Anda penderita jantung, benar-benar harus memperhatikan atau menghindari mengkonsumsi daging. Baik itu daging ayam ataupun sapi. Karena kedua makanan ini memiliki kadar lemak yang tinggi. Jika pun benar-benar ingin mengkonsumsinya, selain memperhatikan seberapa banyak yang dikonsumsi, sebaiknya makanlah daging ayam tanpa kulit ataupun dimasak dengan minyak berlebih

5. Hindari makanan siap saji

Untuk alasan apapun, sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Karena begitu membawa pengaruh buruk pada tubuh.

Demikian pola dan cara makan sehat yang bisa diterapkan oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Jangan lupa, untuk menjaga kondisi tubuh, rajinlah berolahraga dan memeriksakan kesehatan jantung secara rutin. Semoga bermanfaat