Otak anak berkembang dengan baik bila mendapatkan perhatian orang tua. Selain itu, lingkungan yang baik dan asupan makanan bergizi berperan sangat penting dalam mengasah otak anak. Orang tua umumnya hanya memperhatikan pengetahuan anak saja. Padahal, daya konsentrasi dan daya ingat juga harus dilatih agar otak anak terasah. 

Bagaimana cara sederhana mengasah otak anak? Ternyata, tidak selalu harus dengan kursus yang mahal atau dengan guru yang hebat, kegiatan harian anak dapat menjadi pilihan yang bisa dilakukan bersama orang tua di rumah.

otak anak
otak anak

1. Bercerita

Bercerita bukan hanya sekedar pengantar tidur anak. Dengan bercerita, anak akan terlatih bersabar mendengarkan cerita sampai selesai, terlatih berkonsentrasi, serta terlatih mengingat apa yang sudah didengar dan mengambil pelajaran dari cerita tersebut.

2. Menggambar dan Mewarnai

Saat menggambar dan mewarnai, anak sedang melatih diri berkonsentrasi memadukan gerakan tangan dan pikiran secara bersamaan. Seiring bertambahnya usia, daya konsentrasi dan kreativitas anak akan lebih baik karena terlatih terus menerus.

3. Bermain Peran

Memainkan peran seseorang dalam  sebuah permainan sederhana di rumah seperti berperan sebagai dokter, polisi, atau guru adalah salah satu cara efektif melatih daya ingat anak. Anak akan terlatih menyesuaikan karakter yang diperankan sekaligus belajar mengendalikan diri.

4. Bermain Tebak-Tebakan

Permainan ini tidak saja membutuhkan pengetahuan, tetapi juga daya ingat dan konsentrasi. Tidak perlu ada momen khusus, setiap saat kala senggang, anak bisa dilatih bermain tebak-tebakan.

5. Memasak Bersama

Melibatkan anak dalam kegiatan ini tidak hanya akan melatih konsentrasi dan menumbuhkan kreativitas, tetapi juga melatih ketekunan untuk berpikir urut dan penuh perencanaan. 

Kelima cara di atas bila dilakukan dengan rutin dan terus menerus akan mampu mengasah otak anak. Lakukan dengan gembira dan tanpa beban. Bebaskan diri dari target yang memberatkan anak dan justru membuatnya tertekan.