Inovasi teknologi terbaru yang mutakhir tidak hanya diciptakan oleh orang-orang Barat dan Jepang saja, lho! Beberapa di antaranya juga diciptakan oleh putra-putri Indonesia. Tentu saja teknologi ini berhasil menembus kancah dunia. Membanggakan sekali, bukan?

Apa sajakah teknologi dalam negeri yang super canggih itu? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Alat Pendeteksi Boraks 

Inovasi teknologi terbaru ini nampaknya di latar belakangi maraknya makanan bercampur boraks yang ada di Indonesia. Kini, untuk mendeteksi adanya boraks atau tidak di dalam makanan, tidak perlu repot-repot lagi uji lab. Anda tinggal mengeceknya dengan alat yang berbentuk tusuk gigi besutan anak SMAN 3 Semarang ini.

Hanya dibutuhkan waktu 5 detik saja, maka otomatis akan terdeteksi ada tidaknya boraks dalam makanan itu. Caranya pun mudah, tinggal tusukkan saja alat tersebut pada makanan yang akan diuji. Bagaimana, praktis bukan?

Pengharum Udara dari Kotoran Sapi

Jangan salah, meski dibuat dari kotoran sapi, tapi aroma yang akan muncul dari penyegar udara ini adalah aroma tanaman alami. Pengharum udara ini, selain segar dan ramah lingkungan, juga bagus untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan kimia. Ini merupakan hasil penemuan dari dua remaja SMA di Jawa Timur.

Keduanya mengumpulkan kotoran sapi dari peternakan, memfermentasikannya selama tiga hari, dan membuat cairan ekstras setelah dicampur dengan air kelapa. Hasilnya? Siapa yang mengira kalau pengharum udara itu asalnya dari kotoran sapi?

Sumber Energi dari Urine

Penemuan luar biasa ini juga ditemukan oleh dua siswa SMAN 10 Malang, Jawa Timur. Penelitian yang dilakukan selama 3 bulan itu ternyata berhasil menciptakan teknologi baru yang super canggih. Mereka mengubah urine menjadi hidrogen dengan menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik. 

Ajaib, hidrogen hasil penyulingan urine tersebut bisa menggerakkan kendaraan hingga bisa melaju sampai dengan 60 km/jam, lho! Satu liter urine bisa membuat kendaraan tersebut berjalan sampai dengan 17 km. Wah!

Itu dia beberapa inovasi teknologi terbaru karya anak bangsa. Bagaimana menurut Anda?