Menggunakan ponsel dan terhubung di internet pada saat ini menjadi salah satu kebiasaan yang lazim dilakukan oleh semua orang. Mereka melakukan hal tersebut untuk berbagai macam tujuan baik itu untuk berkomunikasi, menuntaskan pekerjaan, mendapatkan hiburan dan berbagai macam hal lainnya. Akan tetapi untuk bisa menjalankan itu semua serta selalu terhubung dengan internet, kita perlu memiliki kuota data yang cukup.

Kita mungkin akan merasa terganggu ketika berinteraksi dengan internet, kuota data yang kita miliki habis. Kecanggihan salah satu teknologi informasi tersebut tidak akan bisa kita menikmati dengan baik apabila kita tidak memiliki kuota yang cukup. Pengguna internet sering kali tidak menyadari bahwa konsumsi kuota data yang sering dihabiskan, habis karena beberapa macam hal yang tidak terlalu bermanfaat.

Agar kemajuan teknologi informasi berupa konektivitas internet bisa kita rasakan pada saat yang tepat dan dengan hasil yang lebih bermanfaat, ada baiknya kita harus bisa menggunakan kuota dengan lebih bijak. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota data yang akan kita gunakan. Tips tersebut antara lain adalah :

  1. Gunakan fitur penggunaan mobile data dan aktifkan pengingatnya. Salah satu fitur yang ada di dalam ponsel android adalah adanya fitur berupa informasi penggunaan data yang telah kita gunakan. Pada fitur tersebut kita bisa mengaktifkan pengingat untuk membatasi dan mengingatkan konsumsi data yang telah kita habiskan.
  2. Identifikasi aplikasi yang terinstal di dalam ponsel yang memiliki konsumsi data berlebih. Kita bisa melakukannya dengan mengunjungi menu settings lalu data usage. Di dalam menu tersebut ada beberapa macam informasi mengenai konsumsi data setiap aplikasi yang terinstal di dalam ponsel yang kita miliki.
  3. Atur update aplikasi dengan cara hanya terhubung dengan wifi. Ponsel androiid juga memiliki menu pilihan untuk mengatur update aplikasi sehingga tidak selalu menggunakan kuota reguler akan tetapi bisa diupdate otomatis apabila terhubung dengan jaringan wifi.

Itulah beberapa macam cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat kuota data internet pada ponsel android yang kita gunakan sehingga kita bisa menggunakan salah satu jenis teknologi informasi tersebut dengan lebih hemat dan lebih bijak.