Memiliki tabungan merupakan  impian setiap orang, namun tidak sedikit orang yang gagal menabung meskipun mereka sudah menabung di Jenius. Itu disebabkan karena mereka mengambil tabungan biasa yang cara menabungnya tidak ada ketentuan minimal setoran dan bisa diambil kapan saja.

Oleh sebab itu deposito berjangka bisa dijadikan sebagai produk simpanan yang ideal, selain memiliki bunga yang lebih tinggi pengambilan tabungan deposito memiliki jangka waktu. Sehingga kamu tidak bisa mencairkan dana yang kamu depositokan sebelum jatuh tempo dan di awal setoran kamu akan dikenakan minimal setoran sesuai kebijakan bank tersebut. 

deposito berjangka
deposito berjangka

Keuntungan yang  bisa didapatkan nasabah adalah semakin besar dana yang didepositokan dan semakin lama waktu yang diambil maka bunga yang ditawarkan semakin tinggi. Deposito juga dikenal sebagai salah satu produk investasi yang paling menguntungkan. Karena deposito memiliki rerata keuntungan yang relatif stabil dibanding produk lainnya seperti saham, emas dan obligasi pemerintah.

Produk deposito berjangka menduduki rerata keuntungan nomor dua terbesar setelah saham, yaitu dengan persentase 7,21% di tahun 2015. Itu berarti peluang untuk berinvestasi berupa deposito masih memiliki peluang yang bagus dari tahun ke tahun.

Ciri Khas Deposito di jenius

Kamu harus mengetahui ciri-ciri deposito, untuk mengenali manfaat serta resiko yang mungkin terjadi saat kamu nanti sudah memutuskan untuk berinvestasi pada produk jenis ini.

  • Minimal Setoran

Umumnya saat kamu membuka rekening di Bank, maka ada batas setoran minimal yang harus dibayar pertama kali. Deposito juga begitu, ada setoran minimal yang harus dibayarkan dan perbedaan dengan tabungan biasa, deposito mensyaratkan setoran minimal berkisar Rp5 juta. 

  • Jangka Waktu Simpanan di Jenius

Deposito memiliki jangka waktu simpanan, dan tidak bisa diambil sebelum jangka waktu tersebut. Umumnya nasabah akan diberikan beberapa opsi untuk jangka waktu ini mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan. Jangka waktu sangat penting untuk kamu perhatikan karena ini akan menentukan bagaimana kamu menggunakan simpanan tersebut. 

Contohnya saat kamu memfungsikan simpanan deposito ini sebagai dana darurat maka kamu jangan memilih jangka waktu 12 bulan. Karena jika kamu membutuhkan sewaktu-waktu akan sulit untuk mengambil simpanan tersebut dan dikenakan biaya penalti. Untuk  itu jika simpanan deposito ini anda fungsikan sebagai dana darurat, maka pilih jangka waktu yang paling pendek misalnya 1 bulan. Deposito ini sangat cocok untuk menabung, karena kamu tidak bisa mengambil simpanan seenaknya.

  • Pencairan Dana

Pencairan dana deposito berjangka tidak bisa diambil sewaktu-waktu seperti tabungan, karena pencairan dana deposito harus sesuai dengan jangka waktu.