Di tahun 2020 ini Anda berniat untuk menikah dan sudah mencoba mencari cincin pernikahan yang sesuai? Tak perlu  wedding ring terbesar di Indonesia yang harus Anda cari,namun wedding ring yang sesuai dengan jari manis Anda. Untuk itulah dibutuhkan beberapa cara agar mendapatkan cincin yang sempurna ukurannya melingkar di jari. Karena jika salah memilih ukuran cincin, maka Anda dan pasangan hanya akan berakhir pada kekecewaan seumur hidup. Jadi, daripada bingung mari simak artikel ini selengkapnya. 

 1. Jangan menerka-nerka, gunakan ring sizer 

Mendengar istilah ring sizer atau pengukur cincin, pasti Anda sudah paham bahwa ini adalah alat yang paling sesuai untuk mengukur jari Anda dan menyesuaikannya dengan cincin pernikahan yang akan dibeli nantinya. untuk orang Asia sendiri, biasanya ring sizer akan memiliki standar ukuran mulai dari 1 hingga 33 cm. Ring Sizer ini sendiri berbentuk seperti sebuah gantungan kunci dengan beberapa komponen yang terbuat dari besi dan menyerupai cincin untuk mengukur. 

wedding ring terbesar di indonesia
wedding ring terbesar di indonesia

Beberapa besi inilah yang sengaja dibuat dengan ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu, tugas Anda adalah meletakkan jari kedalam besi besi tersebut hingga Anda merasa nyaman mengenakannya, yakni tidak longgar dan tidak terlalu sempit. Jika sudah menemukan, maka itu adalah lingkar cincin Anda. Catat dan ingat ukuran tersebut. 

2. Mengetahui ukuran berdasarkan cincin sebelumnya 

Anda lupa dengan ukuran cincin Anda, maka cobalah untuk mengambil kembali cincin Anda yang pernah ada sebelumnya. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang termudah untuk menentukan ukuran jari Anda. Walaupun, Anda harus memperhatikan bahwa mungkin saja Anda mengalami perkembangan atau pertumbuhan sehingga cincin yang lama tidak muat lagi. Itu berarti, Anda harus menambahkan 1 atau 2 cm dari cincin sebelumnya yang Anda miliki. 

3. Mengukur menggunakan kertas 

Jika Anda tak punya ring sizer ataupun tidak pernah memiliki cincin sebelumnya, maka cara yang satu ini sangat disarankan demi mengetahui ukuran cincin Anda yang sebenarnya. Beberapa alat yang Anda butuhkan adalah kertas, pulpen, serta penggaris. Pertama-tama, cobalah untuk memotong keras dengan bentuk persegi panjang dengan kira-kira lebarnya sekitar 1,5 cm dan panjang kira-kira 12 cm menggunakan penggaris. Kemudian, lingkarkan kertas yang telah dipotong tersebut di jari Anda yang ingin dipasangi cincin nantinya.

Setelahnya coba geserkan kembali kertas tersebut pada bagian buku jari, cara ini berguna agar cincin yang Anda miliki nantinya tidak benar-benar terlalu ketat sehingga memiliki sedikit ruang untuk udara sekaligus melancarkan sirkulasi darah di jari Anda. Jika sudah, maka tandai kertas tersebut menggunakan pulpen. Kemudian bentangkan kembali kertas tersebut dan ukur menggunakan penggaris lalu lihat hasilnya dalam ukuran centimeter. 

4. Jika berbagai cara diatas tidak berhasil,maka coba gunakan foto jari 

Sudah mencoba beberapa cara diatas, namun tidak menemukan ukuran yang pas, maka jalan terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan datang ke toko perhiasan dan berkonsultasi untuk mengetahui ukuran jari Anda untuk dipasangi cincin pernikahan nantinya. Jika Anda tak bisa langsung datang ke toko perhiasan, maka Anda bisa mengirimkan foto jari Anda saja langsung kepada toko perhiasan tersebut, dan dengan seketika para ahli di toko perhiasan tersebut dapat memperkirakan ukuran dari cincin Anda hanya dengan melihatnya saja. 

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengukur jari untuk wedding ring. Tak perlu melulu mencari wedding ring terbesar di Indonesia, namun carilah wedding ring yang benar-benar nyaman Anda kenakan dan pastinya dikenakan hanya sekali seumur hidup, dan untuk selamanya bersama pasangan Anda. selamat mencoba tips diatas dan semoga bermanfaat.