Perlu dipahami khususnya bagi para perempuan, yaitu mengenai cara untuk mengetahui tanda kehamilan yang paling tepat merupakan dengan mengecek suhu basal kamu. Suhu basal tubuh ialah suhu tubuh pada waktu di pagi hari ketika kita melakukan aktivitas. Jadi, suhu tubuh yang normal pada wanita adalah 35,5°C sampai 36°C, tetapi sesudah terjadi ovulasi maka suhu basal pada tubuh akan secara otomatis mengalami kenaikan sebesar 0,5°C.

Pada waktu sel telur sudah terlepas dari indung telur, biasanya indung telur juga akan melepaskan hormon progesteron yang dapat memanaskan segala yang ada di tubuh untuk mempersiapkan lapisan rahim apabila akan hamil. Apabila kalian benar-benar sedang hamil maka suhu basal tubuh akan tetap meningkat sampai trimester awal. Akan tetapi, suhu basal kamu bisa normal lagi ketika kamu menstruasi.

suhu basal tubuh
suhu basal tubuh

Dalam hal ini, mengetahui kondisi suhu basal pada tubuh memang sudah menjadi hal yang penting buat dilakukan. Suhu basal kamu akan dipakai sebagai acuan buat mengetahui kapan masa ovulasi kamu hadir. Suhu basal ini akan terjadi setelah ovulasi terjadi sekitar 12 sampai 24 jam sesudahnya.

Jadi, melakukan pengukuran suhu basal pada tubuh memang sangat penting, karena untuk mengetahui kapan seharusnya kamu melakukan hubungan intim. Sebab, dalam program kehamilan fase subur menjadi fase penting untuk para pasangan yang sudah menikah. Sebab fase subur mampu menambah peluang kehamilan. Fase subur merupakan saat sel telur sudah dalam kondisi matang dan siap dibuahi.

Apabila di zaman dahulu banyak perempuan yang lebih mengandalkan perhitungan dengan rumus perhitungan 10 sampai17 hari setelah haid terakhir, akan tetapi hal tersebut tergantung dengan kondisi tubuh. Selain itu, faktor mengkonsumsi alkohol, rokok, emosi yang tidak stabil, sakit, kelelahan, pola tidur yang tidak teratur akan mampu mengubah kondisi menstruasi kamu. 

Sekarang ini ada cara yang lebih akurat dan terpercaya yaitu dengan memakai alat dari Femometer yaitu Sensitif Ovutest Digital dan Ovutest Femometer. Dalam hal ini, suhu tubuh Cuma mempunyai perbedaan yang sangat kecil jika dibandingkan dengan suhu tubuh normal.

Perlu diketahui bahwa termometer khusus yang digunakan untuk menghitung basal tubuh umumnya adalah termometer jenis merkuri yang jarak antar derajatnya mudah dibaca sebab lebih besar daripada termometer biasa. Biasanya termometer khusus suhu basal tubuh penggunaannya di mulut. 

Demikianlah pemaparan tentang pengecekan suhu tubuh untuk mengetahui tanda kehamilan yang bisa kalian jadikan ilmu tambahan dalam merencanakan kehamilan maupun mencegah kehamilan secara alami. Semoga bermanfaat!