Mempunyai sebuah hunian merupakan hal yang wajib bagi semua orang. Namun, ada banyak orang yang bertanya-tanya apakah akan menyewa atau membeli apartemen. Sifat menyewa atau membeli apartemen dapat dikatakan sangat berbeda, tetapi secara keseluruhan kedua opsi memastikan bahwa kamu akan memiliki hunian yang akan dijadikan tempat tinggal. Fakta nya adalah jika kamu memutuskan untuk membeli itu berarti hak kepemilikan ada di tanganmu. Berbeda bila pilihanmu adalah menyewa apartemen alam sutera kamu hanya punya hak untuk tinggal di dalamnya tetapi tidak ada hak memilikinya. Namun jangan terlalu emosional untuk memutuskannya, kamu perlu beberapa pertimbangan terlebih dahulu, beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut :

1. Masalah anggaran yang kamu punya

Kamu harus bisa menyesuaikan kebutuhan dengan anggaran yang saat ini kamu punya. Mungkin menyewa apartemen murah tampaknya lebih masuk akal daripada rencana untuk membeli seluruh unit. Namun, perlu dicatat bahwa ketika menyewa gedung apartemen, tidak akan ada kepemilikan, penjualan atau hipotek apartemen untuk kegiatan bisnis. Sebagai contoh, kamu menyewa apartemen selama 10 tahun tentunya uang sewa akan terus meningkat dan setelah 10 tahun kamu akan kesulitan lagi mencari tempat tinggal. Akan tetapi jika kamu membeli apartemen dalam jangka waktu 10 tahun kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang setelah melunasinya.

Tergantung juga pada kualitas dan lokasi apartemen, nilai properti akan meningkat seiring waktu. Karena banyak keterbatasan, menyewa seringkali kurang diinginkan dan hanya dapat dipilih ketika orang yang membutuhkan tidak dapat membeli apartemen. Atau sebuah pilihan bagi imigran ke kota yang tidak memiliki sumber keuangan. Apartemen alam sutera salah satu apartemen yang bisa digunakan untuk berbisnis, mempunyai satu unit apartemen di area ini bisa kembali disewakan.

Apartemen alam sutera
Apartemen alam sutera

2. Kebutuhan tempat tinggal

Abaikan masalah keuangan dan lebih peduli tentang masalah pribadi dan keluarga. Jika kamu adalah orang yang sudah menikah dan menginginkan kehidupan yang stabil dengan memiliki tempat tinggal tetap kamu bisa memilih untuk membeli apartemen daripada menyewa. Selain itu, memiliki apartemen pribadi akan memastikan untuk hidup mandiri, bangga karena membuktikan potensi keuangan yang stabil dan solid. Jika  menyewa mungkin kamu harus pindah berkali-kali karena pemilik ingin menjualnya atau meningkatkan jumlah uang sewa. Namun jika kamu masih muda belum menikah dan tidak takut untuk hidup nomaden, masalah menyewa apartemen mungkin akan menjadi pilihan tepat. 

3. Peluang investasi lainnya

Jika kamu adalah orang yang berpikir tentang berbisnis kamu juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan aliran modal kosong paling efektif. Katakanlah dengan 800 juta, kamu dapat menggunakannya untuk berinvestasi dalam beberapa proyek bisnis lainnya seperti menjalankan restoran casual, membuka kafe kecil bahkan membuka perusahaan sendiri. Proyek bisnismu dapat membantu meningkatkan modal awal secara signifikan dan jika semuanya berjalan dengan baik, setelah beberapa tahun mungkin memiliki apartemen alam sutera yang sesuai impian. Yang paling penting adalah masalah kebutuhanmu apakah mampu membeli apartemen atau tidak? Gaya hidup seperti apa yang kamu sukai? Dan apakah ada peluang investasi yang lebih baik yang sepadan dengan uang yang kamu miliki. 

Pada akhirnya masalah menyewa atau membeli apartemen kembali lagi kepada dirimu sendiri. Jangan sampai kamu tergiur dengan penawaran apartemen yang murah namun pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Apartemen yang berada di kota Tangerang Selatan, Pasific Garden Campus Town @Alam Sutera menjadi salah satu tujuan apartemen yang tepat. Karena di konsep dengan nuansa modern dan dekat dengan fasilitas publik yang memadai. Berada dekat dengan kawasan kampus ternama seperti Binus, Universitas Bunda Mulia dan Swiss German University, sehingga sangat cocok bagi generasi milenial.