Berlian adalah perhiasan yang paling populer. Setiap perempuan sangat mendambakannya. Berlian kini sudah tersemat di dalam berbagai perhiasan, salah satunya anting berlian asli. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa membedakan mana berlian asli dengan yang palsu.

Nah, di sini, kami akan menjelaskan cara membedakannya. Tujuannya agar Anda tahu mana berlian asli dan yang palsu. Simak penjelasannya di bawah ini:

anting berlian asli
anting berlian asli

1.  Ketahanan Berlian

Berlian merupakan batu terkeras di dunia. Selain indah, juga memiliki ketahanan yang sangat tinggi. Jadi, berlian tidak akan mudah rusak maupun tergores. Nah, perhatikanlah berlian yang Anda miliki atau yang akan dibeli. Pastikan tidak ada kecacatan. Karena, berlian merupakan salah satu batu terkeras yang tidak mudah rusak.

Jika ada kecacatan pada berlian, misalnya seperti retakan, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut bukanlah berlian asli.

2.  Tes Embun

Anda bisa mengetahui keaslian dengan cara yang sederhana. Yaitu dengan tes embun. Caranya adalah dengan menghembuskan nafas pada berlian. Lihatlah efek embun yang dihasilkan. Jika embun bertahan lama, maka kemungkinan berlian tersebut palsu. Karena, berlian asli tidak akan berembun lama.

3.  Tenggelam di Air

Tes berlian dengan cara memasukkannya ke dalam gelas yang sudah berisi air. Berlian asli akan tenggelam jika dimasukan ke dalam segelas air. Sedangkan berlian palsu, akan berada di permukaan atau di tengah air yang ada di dalam gelas.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena berlian asli berupa batu dengan berat berbeda dari berlian palsu. Sedangkan berlian palsu, terbuat dari bahan plastik yang sangat ringan. Sehingga, berlian palsu akan mengambang di air.

4.  Cek Menggunakan Alat Digital

Saat ini, ada cara mudah dan instan untuk mengecek keaslian berlian. Yaitu menggunakan sebuah alat digital. Cukup dengan menempelkan alat tersebut pada berlian, maka bisa langsung diketahui keasliannya. Alat tersebut biasanya sudah ada di toko-toko perhiasan terkemuka.

Anda tinggal meminta pemilik toko untuk melakukan pengecekkan. Setelah itu, pemilik toko akan langsung mengeceknya di depan Anda.

5.  Meminta Sertifikat GIA

Sertifikat adalah salah satu cara lain untuk Anda yang tidak ingin salah memilih anting berlian. Sertifikat ini merupakan salah satu bukti bahwa berlian yang Anda beli adalah berlian asli. Jika penjualnya kredibel, mereka akan memberi Anda berlian lengkap dengan sertifikat resminya.

Tips Membeli Anting Dengan Berlian Asli

Selain mengetahui cara memilih berlian asli dan palsu, Anda pun harus tahu beberapa tips berikut sebelum membelinya:

1.  Pilih Toko Berkredibilitas

Toko perhiasan yang Anda datangi merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah toko perhiasan kredibel agar tidak salah membeli. Selain itu, toko berkredibilitas senantiasa melayani pelanggannya secara sempurna.

2.  Berhati-Hati Jika Membeli Online

Perhiasan berlian bukanlah aksesoris biasa. Jadi, Anda tidak boleh membelinya sembarangan. Anda memerlukan surat-surat, seperti sertifikat untuk memastikan keasliannya. Jadi, jika Anda ingin membelinya secara online, pastikanlah Anda membelinya dari toko online terpercaya, ya.

3.  Perhatikan Harga

Berlian memiliki harga yang jauh lebih mahal dari aksesoris biasa. Ketika Anda membelinya, pastikan harganya sesuai. Tidak terlalu mahal, dan tidak terlalu murah. Artinya, berlian Anda memiliki harga yang sesuai dengan kualitas. Tidak terlalu murah juga karena berlian murah bisa saja imitasi.

Nah, itulah beberapa tips memilih dan membeli anting berlian asli. Melalui tips di atas, kini Anda bisa tahu mana berlian yang mesti Anda beli.