Kondisi mendadak dan mendesak dapat terjadi kepada siapa saja tanpa bisa ditebak. Dalam keadaan tersebut, tidak semua orang memiliki tabungan khusus yang bisa membantu mengatasi masalah mereka. Oleh sebab itu, jalan satu-satunya yaitu menggadaikan BPKB motor yang mereka miliki.

Jika Anda mengalami keadaan tersebut, menggadaikan BPKB motor bukan hal yang salah. Namun Anda harus memilih tempat gadai BPKB motor yang tepat agar tidak merasa dirugikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih tempat pegadaian yang tepat:

Memiliki Identitas yang Jelas

gadai bpkb motor
gadai bpkb motor

(source:http://depolinks.com/wp-content/uploads/2020/04/simulasi-kredit-bfi-finance.png)

Anda perlu memeriksa identitas dari lembaga yang akan dipilih sebelum menggadaikan motor. Pastikan bahwa lembaga yang Anda pilih memiliki identitas yang jelas. Cari tahu identitas lembaga mulai dari alamat, nomor telepon, badan hukum yang dimiliki, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga mencari tahu tahun berdiri lembaga yang akan dipilih untuk mengetahui pengalamannya.

Terdaftar di OJK dan APPI

Cara termudah untuk mengetahui apakah sebuah lembaga pembiayaan terpercaya atau tidak yaitu dengan melihat izin yang dimiliki. Pastikan bahwa lembaga yang dipilih memiliki izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Jika lembaga yang Anda pilih sudah mendapatkan izin dari OJK dan APPI maka lembaga tersebut adalah lembaga yang terpercaya.

Memiliki Banyak Kantor Cabang

Lembaga pembiayaan yang memiliki banyak kantor cabang merupakan lembaga yang kredibel karena telah mampu melakukan ekspansi bisnis. Selain itu, lembaga yang memiliki banyak kantor cabang juga lebih dipercaya dibandingkan dengan lembaga yang hanya memiliki satu kantor saja. Anda juga bisa lebih mudah untuk datang langsung ke kantor cabang apabila ada permasalahan saat mengajukan penggadaian kendaraan motor anda.

Memiliki Reputasi yang Bagus

Tidak hanya dari faktor internal saja, Anda juga harus memperhatikan faktor eksternal saat akan memilih tempat gadai BPKB motor. Faktor eksternal tersebut yaitu reputasi dari lembaga yang Anda pilih. Cari tahu bagaimana perusahaan tersebut di mata debitur sebelumnya melalui internet. Apabila mereka memberikan ulasan dan review yang baik maka Anda bisa mempertimbangkan lembaga tersebut.

Menawarkan Bunga yang Ringan

Setelah memastikan bahwa lembaga yang Anda pilih kredibel dan terpercaya, selanjutnya Anda bisa melihat penawaran produk yang mereka berikan. Pastikan bahwa produk yang ditawarkan memberikan bunga yang ringan atau kompetitif. Dengan bunga yang kompetitif maka Anda akan lebih mudah saat melakukan cicilan pinjaman.

Memberikan Kemudahan Pembayaran

Kemudahan pembayaran perlu menjadi pertimbangan selanjutnya ketika Anda memilih tempat untuk menggadaikan BPKB motor. Pilih lembaga yang tidak mengharuskan Anda datang langsung ke kantor untuk membayar cicilan. Hal tersebut akan merepotkan terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi. Pilihlah lembaga yang menyediakan beberapa cara pembayaran lain seperti lewat ATM, m-banking, merchant khusus, dan lain sebagainya.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Pilihlah tempat pegadaian yang memberikan pelayanan prima agar Anda merasa lebih nyaman untuk menggadaikan BPKB motor. Baik tidaknya pelayanan sebuah lembaga bisa dilihat dari keramahan layanan, kemudahan pembayaran, serta totalitas dalam melayani nasabah atau calon nasabah.

Itulah 7 tips yang bisa membantu Anda memilih tempat gadai BPKB motor. Memilih tempat pegadaian yang tepat sangat penting agar Anda tidak mengalami penipuan atau merasa dirugikan dengan ketentuan yang tidak jelas.

Sebagai pilihan terbaik, BFI Finance menawarkan produk pinjaman jaminan BPKB motor yang bisa membantu Anda mendapatkan dana dengan cepat. Selain itu, BFI Finance juga menawarkan bunga yang ringan sehingga Anda bisa lebih mudah ketika membayar angsuran. Jangan ragu lagi, segera ajukan pinjaman baik secara offline maupun online di bfi.co.id.