Salah satu program dari pemerintah tentang sesehatan adalah sebuah program asuransi kesehatan. Ketika Anda sudah mempunyai asuransi BPJS Kesehatan, Anda akan mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas yang dipilih. Anda akan mempunyai kewajiban untuk Bayar Bpjs Kesehatan tersebut sesuai dengan nominal kelasnya. 

Kelas I merupakan kelas paling tinggi dengan iuran bulanan paling besar. Sedangkan kelas dengan iuran bulanan paling rendah yaitu kelas III. Untuk mendapatkan hak asuransi, maka Anda harus bayar BPJS Kesehatan sesuai kelas yang dipilih. Saat ini Bayar Bpjs Kesehatan tidak hanya bisa dilakukan di kantor BPJS saja. 

Bayar Bpjs Kesehatan
Bayar Bpjs Kesehatan

Sebagai nasabah bank Sinarmas, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui bank ini. Banyak kelebihan yang bisa menguntungkan Anda jika melakukan pembayaran melalui bank, diantaranya yaitu:

Bisa Dilakukan Secara Online

Bayar Bpjs Kesehatan secara online dari Bank Sinarmas ini menjadi salah satu sistem pembayaran yang sudah banyak sekali dipilih. Karena pembayaran ini sudah dianggap sebagai salah satu pembayaran yang lebih mudah dan lebih cepat. Bahkan Anda bisa melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu antri lagi. Caranya adalah:

Bisa Melalui ATM

Selain secara online dengan menggunakan aplikasi SimobiPlus, Anda juga bisa bayar BPJS Kesehatan melalui ATM terdekat. Cara ini juga sering dipilih karena ATM saat ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah. Cara melakukan pembayaran melalui ATM juga sangat mudah. Anda hanya perlu datang ke mesin ATM terdekat kemudian memilih menu Pembayaran/Pembelian lalu kategori Layanan Umum. Masukkan jumlah bulan + 88888 + 11 digit angka terakhir dari nomor kepesertaan. Misalnya saja Anda ingin melakukan pembayaran selama 2 bulan maka masukkan 028888803044459203 pada mesin ATM. Ketika akan meninggalkan ATM, pastikan bahwa kartu yang Anda gunakan sudah diambil dari mesin ATM.

Bisa Melalui Teller Bank

Tidak hanya melalui ATM atau aplikasi mobile saja, Anda juga bisa datang langsung ke kantor bank untuk melakukan pembayaran. Mungkin cara ini bisa dilakukan apabila kantor cabang berada dekat dengan rumah Anda atau memang ada transaksi lain yang ingin dilakukan. 

Caranya sangat mudah dan sederhana sekali, Anda hanya perlu mengatakan pada Teller bahwa ingin melakukan bayar Bpjs Kesehatan. Nanti pihak Teller akan meminta informasi nomor kepesertaan dan juga jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengikuti instruksi dari Teller hingga proses selesai.

Biaya Terjangkau

Kelebihan selanjutnya yaitu biaya administrasi yang diberikan relatif terjangkau. Anda hanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 saja untuk setiap kali transaksi pembayaran. Angka tersebut tentu saja sangat kecil sekali dibandingkan denda yang akan didapatkan jika telat bayar iuran.

Proses Cepat

Meskipun tidak membayar melalui kantor BPJS langsung namun proses pembayaran cepat, apalagi jika Anda membayar secara online melalui aplikasi SimobiPlus. Jadi Anda tidak perlu khawatir membayar iuran mendekati batas pembayaran karena proses yang cepat membuat pembayaran bisa langsung ke tujuan.

Itulah kelebihan yang bisa Anda rasakan jika bayar Bpjs Kesehatan melalui bank Sinarmas. Kemudahan yang dihadirkan membantu Anda untuk selalu tepat waktu membayar iuran sehingga terhindar dari denda. Pasalnya, BPJS memang memberikan denda bagi para anggota yang telat membayar iuran selama berbulan-bulan. Itulah beberapa informasi mengenai bayar tagihan bpjs dengan Bank Sinarmas.