Berlian asli memiliki kilau warna yang sangat menarik. Kilauan dari berlian asli tentu saja beda dengan berlian yang terbuat dari kaca. Meski demikian, saat memiliki perhiasan berlian Anda wajib untuk paham mengenai cara untuk merawatnya. Berikut ini ada beberapa cara yang tepat untuk merawat berlian.

Memiliki perhiasan bisa menjadi salah satu impian banyak wanita. Salah satunya adalah perhiasan berlian asli. Perhiasan yang berasal dari batu alam ini memang mempunyai ciri khas tersendiri yang begitu menggoda. Bahkan perhiasan berlian tidak hanya diminati oleh kaum hawa saja, tetapi kaum adam juga banyak yang tertarik untuk memiliki perhiasan berupa berlian.

berlian asli
berlian asli

Berlian asli memiliki kilau warna yang sangat menarik. Kilauan dari berlian asli tentu saja beda dengan berlian yang terbuat dari kaca. Meski demikian, saat memiliki perhiasan berlian Anda wajib untuk paham mengenai cara untuk merawatnya. Berikut ini ada beberapa cara yang tepat untuk merawat berlian, diantaranya!

5 Cara Merawat Perhiasan Berlian Asli

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda pakai untuk merawat perhiasan berlian sendiri di rumah dari The Palace. Diantaranya;

1. Rutin Membersihkan Berlian

Lakukanlah pembersihan pada perhiasan berlian setidaknya seminggu satu kali. Cara untuk membersihkan berlian juga tidak boleh sembarangan, yakni:

  • Jangan cuci dengan sabun mandi, sabun cuci tangan, atau sabun cuci piring.
  • Cuci berlian menggunakan cairan khusus perhiasan.
  • Membersihkan dengan metode uap ultrasonic yang akan membuat berlian semakin berkilau.
  • Usahakan untuk bawa ke toko perhiasan untuk memastikan kadar berlian masih terjaga dengan baik.

2. Hindari Paparan Klorin

Selanjutnya jauhkan berlian dari bahan-bahan yang berbahaya, seperti cairan klorin. Harus Anda pahami kalau cairan klorin banyak terdapat di air kolam renang. Oleh karena itu bila Anda memiliki hobi renang, sebaiknya lepas cincin di tempat yang aman. 

3. Jauhkan Dari Paparan Parfum, Kosmetik dan Losion

Saat Anda hendak menggunakan parfum, pelembab kulit, atau kosmetik, perhiasan berlian tidak digunakan. Karena banyak yang belum paham kalau residu yang terpapar di berlian akan membuat kilau pada berlian tidak lagi indah dan tidak lagi tampak murni kilauannya.

Untuk menghindari hal tersebut, pemakaian berlian dilakukan setelah Anda selesai dengan produk-produk di atas. Tunggu sekitar 5 menit, setelah itu silakan pakai berlian yang Anda sayangi.

4. Pisahkan Berlian dari Perhiasan Lain

Harus Anda pahami kalau berlian merupakan salah satu batu alam yang tahan terhadap gesekan. Dengan demikian, sebaiknya Anda meletakkan berlian dalam satu wadah yang berbeda dengan perhiasan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar perhiasan yang Anda miliki tidak tergores dan cacat akibat dari gesekan berlian.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya harus hindari pemakaian perhiasan berlian dengan perhiasan lainnya di jari yang bersebelahan. Dan sebaiknya juga beli tempat khusus menyimpan berlian dan perhiasan lainnya. Selain menjaga perhiasan lainnya dari gesekan berlian, tentu hal tersebut juga untuk menjaga kadar berlian agar tidak cacat. Karena harus Anda ketahui, bahwa kadar pada belian cacat dapat dilihat dengan menggunakan alat.

5. Jauhkan dari Air

Faktanya penggunaan air yang berlebih juga mengancam kualitas berlian. Cara tepat lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas berlian adalah dengan menghindari berlian terkena air berlebih. Karena perhiasan yang terbuat dari berlian sangat mudah mengalami perubahan pada bagian permukaan. 

Dengan kata lain permukaan berlian merupakan perhiasan yang sensitif. Selalu perhatikan permukaan berlian agar selalu kering dan jauhkan permukaan dari air. Bila sudah terkena air maka perhiasan Anda nilainya akan merosot. 

Dengan demikian harus dimulai dari sekarang untuk menghindari kebiasaan yang bisa merusak kadar kilau berlian. Seperti aktivitas mencuci, berenang, mandi, dan lainnya. Termasuk juga saat melakukan aktivitas berat seperti berolahraga dan bekerja di luar ruangan.